PENGARUH DOSIS PENGENCERAN SERUM BAKTERI ASAM LAKTAT TERHADAP KARAKTERISTIK FISIK SILASE RUMPUT GAJAH MINI (Pennisetum purpureum cv. Mott)

YULIA, AZMI KHOTIMAH (2022) PENGARUH DOSIS PENGENCERAN SERUM BAKTERI ASAM LAKTAT TERHADAP KARAKTERISTIK FISIK SILASE RUMPUT GAJAH MINI (Pennisetum purpureum cv. Mott). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI YULIA AZMI KHOTIMAH-B1D018303.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh level dosis pengenceran serum bakteri asam laktat terhadap karakteristik fisik rumput gajah mini (Pennisetum purpureum cv. Mott) dengan teknologi pengawetan hijauan segar (silase). Penelitian ini menggunakan hijauan yang ditambahkan serum bakteri asam laktat dan dedak. Analisis statistik yang digunakan adalah analisis of variance berdasarkan rancangan acak lengkap (RAL) pola searah dengan 5 perlakuan dan 9 ulangan yang terdiri dari T0 = (kontrol) tanpa penambahan serum bakteri asam laktat, T1(1 serum : 25 air, T2 (1 serum : 50 air), T3 (1 serum : 75 air), dan T4 (1 serum :100 air). Variabel yang diamati meliputi aroma, warna, tekstur, pH dan suhu. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan penambahan beberapa dosis pengenceran serum bakteri asam laktat terhadap karakterisrik fisik silase rumput gajah mini (Pennisetum purpureum cv. Mott) tidak berpengaruh nyata terhadap karakteristik fisik silase. Nilai pH terendah yaitu 3,40 pada perlakuan T3 dan pH tertinggi yaitu 3,97 pada perlakuan T0. Semua perlakuan pada penelitian ini menghasilkan silase yang baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Serum Bakteri Asam Laktat, Silase, Pennisetum purpureum cv. Mott, Karakteristik Fisik, Aroma, Warna, Tekstur, pH, Suhu
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Aug 2022 05:40
Last Modified: 03 Aug 2022 05:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30217

Actions (login required)

View Item View Item