ANALISIS PROFITABILITAS DAN PEMASARAN USAHA AGROINDUSTRI ROTI DI KELURAHAN BABAKAN KOTA MATARAM

Oktaviana, Wirnis Agrian Fani (2022) ANALISIS PROFITABILITAS DAN PEMASARAN USAHA AGROINDUSTRI ROTI DI KELURAHAN BABAKAN KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi oktaviana wirnis agria fani...pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk menganalisis profitabilitas usaha agroindustri roti di Kelurahan Babakan Kota Mataram. 2) Untuk menganalisis Saluran pemasaran dan efisiensi pemasaran yang dilakukan oleh usaha agroindustri roti di kelurahan Babakan kota Mataram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif, unit analisis adalah usaha roti, penentuan sampel menggunakan Purposive Sampling atau secara sengaja, Penentuan sampel dilakukan secara Sensus sebanyak 17 pengusaha roti manis Selain responden pengusaha roti manis, juga dilakukan wawancara dengan responden pedagang perantara untuk mengetahui efisiensi pemasaran. Teknik penentuan responden pedagang perantara dilakukan dengan cara snowball sampling. Sumber data adalah data primer yang diperoleh dari responden dan data sekunder yang bersumber dari dinas/ instansi terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Profitabilitas Usaha Agroindustri Roti Manis di Kelurahan Babaka, Kota Mataram diperoleh dengan nilai sebesar 49,62%. Nilai yang dihasilkan sebesar 49,62% lebih besar dari suku bunga bank Mandiri sebasar 2,50% dalam satu tahun. Artinya bahwa nilai 49,62% lebih menguntungkan malakukan usaha agroindustri roti dibandingkan dengan menyimpan uang di bank. Nilai yang tinggi menunjukan bahwa usaha agroindustri roti di Kelurahan Babakanmenguntungkan untuk di usahakan. 2) Terdapat tiga tipe saluran pemasaran yang digunakan pada Usaha Agroindustri Roti Manis di Kelurahan Babakan, Kota Mataram dalam memasarkan Roti Manis, yaitu: (I) Produsen - Agen– pedagang pengecer�Konsumen akhir, (II) Produsen – Pedagang pengecer - Konsumen akhir. 3) Saluran pemasaran I pada usaha agroindustri roti manis di Kelurahan Babakan Kota Mataram efisien dengan Margin pemasaran sebesar Rp. 140/bungkus, Share produsen sebesar 84,44%,. Saluran pemasaran II pada usaha agroindustri roti manis di Kelurahan Babakan Kota Mataram efisien dengan Margin pemasaran sebesar Rp. 95/bungkus, Share podusen sebesar 88,89%. Saluran pemasaran III pada usaha agroindustri roti manis di 2 Kelurahan Babakan Kota Mataram efisien dengan Margin pemasaran sebesar Rp.0/bungkus, Share produsen 100%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Roti, Profitabilitas, Saluran Pemasaran, Efisiensi Pemasaran
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Aug 2022 05:40
Last Modified: 03 Aug 2022 05:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30224

Actions (login required)

View Item View Item