KEANEKARAGAMAN LEBAH DAN JENIS TANAMAN YANG MENGHASILKAN NEKTAR PADA LEBAH DI DESA BENGKAUNG KECAMATAN BATU LAYAR, KABUPATEN LOMBOK BARAT

SILVI, DWI KARTIKA YANTI (2022) KEANEKARAGAMAN LEBAH DAN JENIS TANAMAN YANG MENGHASILKAN NEKTAR PADA LEBAH DI DESA BENGKAUNG KECAMATAN BATU LAYAR, KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SILVI DWI KARTIKA YANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman lebah dan jenis tanaman yang menghasilkan nektar pada lebah di Desa Bengkaung Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat. Metode penelitian ini dilakukan dengan cara metode deskriptif - eksploratif. Penelitian ini dilakukan pada bulan April sampai Mei 2022 bertempat di Dusun Pelolat dan Dusun Bengkaung Daye. Metode Penelitian dilakukan dengan dua teknik, yaitu teknik pengambilan sampel lebah dan teknik pengambilan sampel pada sumber pakan lebah. Variabel yang di amati adalah radius penangkapan lebah, lokasi pengambilan sampel, waktu pengambilan sampel, jenis lebah yang ditemukan di lokasi sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, keanekaragaman jenis lebah yang ditemukan di Dusun Pelolat di Desa Bengkaung yaitu lebah trigona, lebah dorsata dan lebah cerana. Lebah lebih banyak ditemukan pada waktu pagi hari di lokasi perkebunan dengan radius yaitu 250 meter. Data hasil penelitian juga terdapat 62 jenis tanaman, yang dapat dikelompokkan menjadi 6 kelompok yaitu, tanaman perkebunan 15 jenis, tanaman hutan 8 jenis, tanaman buah-buahan 18 jenis, tanaman hias 12 jenis, tanaman sayuran 7 jenis dan tanaman rerumputan 2 jenis. Tanaman yang dapat diidentifikasi terdapat 18 jenis tanaman penghasil nektar, 14 jenis tanaman penghasil pollen dan 30 jenis tanaman penghasil pollen dan nektar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata-kata Kunci: Jenis lebah, jenis tanaman, nektar dan pollen
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Aug 2022 05:40
Last Modified: 03 Aug 2022 05:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30229

Actions (login required)

View Item View Item