PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN SIMULASI PhET UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK

SITI, MARYAM ULFA (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN SIMULASI PhET UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_SITI MARYAM ULFA (E1Q018063).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran model inkuiri terbimbing berbantuan simulasi PhET yang layak, praktis dan efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep fisika peserta didik. Produk yang dikembangkan berupa silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), bahan ajar, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan instrumen tes keterampilan proses sains dan penguasaan konsep. Materi yang digunakan usaha dan energi. Subjek penelitian 30 orang peserta didik kelas X MIPA 8, semester genap, tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development, dengan model pengembangan 4D yang dikembangkan oleh Thiangaraja (1974), yang terdiri dari define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi, angket respon guru dan peserta didik terkait keterlaksanaan pembelajaran, dan instrumen tes untuk keterampilan proses sains dan penguasaan konsep. Hasil analisis menunjukkan perangkat pembelajaran valid, nilai rata-rata sebesar 76,65% dengan kategori valid dan 93,35% dengan kategori sangat valid serta reliabel dengan persentase 93,80%. Kemudian, tingkat keterlaksanaan pembelajaran yang dinilai oleh guru dan peserta didik sebesar 90,30% dan 81,73% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji N-gain keterampilan proses sains peserta didik sebesar 50,61% dengan kategori sedang, termasuk kriteria kurang efektif dan penguasaan konsep sebesar 56,00% dengan kategori sedang, termasuk kriteria cukup efektif. Sehingga, dapat disimpulkan perangkat pembelajaran model inkuiri terbimbing berbantuan simulasi PhET yang dikembangkan layak, praktis dan cukup efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep, tetapi kurang efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Model Inkuri Terbimbing, Keterampilan Proses Sains, Penguasaan Konsep.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Aug 2022 05:40
Last Modified: 03 Aug 2022 05:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30230

Actions (login required)

View Item View Item