STRATEGI KOMUNIKASI RPTC DINAS SOSIAL PROVINSI NTB DALAM PENANGANAN KORBAN PERDAGANGAN ORANG

Arafatharrafiah, Salman (2022) STRATEGI KOMUNIKASI RPTC DINAS SOSIAL PROVINSI NTB DALAM PENANGANAN KORBAN PERDAGANGAN ORANG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ARAFAH IKOM CD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Peran komunikasi sebagai salah satu unsur dalam pemberdayaan masyarakat sangatlah penting, Pemerintah dalam upaya peningkatan pemberdayaan masyarakat salah satunya dengan melakukan dialog pemberdayaan dengan masyarakat dan disinilah peran komunikasi sangat penting dilakukan, Rumah Perlindungan dan Trauma Center (RPTC) Dinas Sosial Provinsi NTB menjadi salah satu bagian pemerintah yang berfungsi sebagai tempat pemberdayaan masyarakat. RPTC menangani berbagai macam masalah salah satunya dalam penanganan korban perdagangan orang. Oleh sebab itu perlu dilihat lebih jauh bagaimana RPTC melakukan komunikasi dalam menjalankan penangnannya. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan studi kepustakaan. Melalui penelitian ini dapat diketahui bahwa RPTC Dinas Sosial Provinsi NTB dalam melakukan penanganannya melalui beberapa tahap, yaitu tahapan perumusan masalah yang dibuat untuk perencanaan penanganan yang memuat tugas serta fasilitas yang diberikan, program penanganan, anggaran serta pelatihan komunikasi. Kemudian tahapan pelaksanaan strategi menggunakan model komunikasi SMCR oleh David K Berlo yang memuat unsur komunikator, pesan, media, komunikan dan efek. RPTC Dinas Sosial Provinsi NTB dalam penanganannya sudah bagus dengan melihat korban yang sudah ditangani sebelumnya. Tetapi RPTC Dinas Sosial Provinsi NTB masih perlu untuk menyiapkan perencanaan yang sistematis sebelum melakukan penanganan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Rumah Perlindungan dan Trauma Center, Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Mataram
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Aug 2022 05:40
Last Modified: 03 Aug 2022 05:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30233

Actions (login required)

View Item View Item