PENGARUH PENERAPAN PENGAJARAN BAURAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMP NEGERI 8 MATARAM

IRFANUL, FURQAN (2022) PENGARUH PENERAPAN PENGAJARAN BAURAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMP NEGERI 8 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_Irfanul Furqan_E1B018039_Sudah TTD Dekan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Apakah terdapat pengaruh penerapan pengajaran bauran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 8 Mataram. Penelitian ini menerapkan perancangan kuantitatif yang jenisnya quasi ekperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Mataram, totalnya 8 kelas dan sampel yang diambil 2 kelas. Datanya diolah dengan tehnik observasi dan tes. Teknik tes diterapkan adalah pre-test dan post-test. Analisis data menerapkan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, dan uji hipotesis menerapkan uji-t. Pelaksanaan pengajaran bauran yang diterapkan sebanyak empat (4) kali pertemuan dan disesuaikan dengan komponen dasar pengajaran bauran. Terdapat adanya pengaruh penerapan pengajaran bauran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn. Dibuktikan dengan hasil uji-t pada taraf signifikansi 5% Dimana hasilnya Terdapat thitung > ttabel (2,6204 > 2,0057).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Pengajaran Bauran, Hasil Belajar dan PPKn
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Aug 2022 05:41
Last Modified: 03 Aug 2022 05:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30243

Actions (login required)

View Item View Item