STRATEGI GURU PPKN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MA TIA WANASABA PADA MASA PANDEMI COVID-19

RUDIMAN, PARIADI (2022) STRATEGI GURU PPKN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MA TIA WANASABA PADA MASA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RUDIMAN PARIADI_E1B016050.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh tingkat motivasi belajar siswa di MA Tia Wanasaba mengalami penurunan akibat dampak dari pandemi Covid-19. Seperti yang kita ketahui bahwa situasi dan kondisi pandemi Covid-19 telah banyak membawa dampak buruk bagi kehidupan manusia pada umumnya, tidak terkecuali pada sektor pendidikan. Hal ini menyebabkan rendahnya motivasi belajar pada siswa, hal ini juga ikut dirasakan oleh beberapa siswa di MA Tia Wanasaba. Dengan demikian, strategi guru PPKn dalam meningkatkan motivasi belajar siswa menjadi sangat penting untuk dimaksimalkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru PPKn, faktor pendukung dan faktor penghambat guru PPKn dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MA Tia Wanasaba pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, dengan subjek penelitiannya yaitu Guru PPKn dan validitas data dilakukan melalui informan penelitian, kepala madrasah dan para siswa di MA Tia Wanasaba yang ditentukan secara porpusive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya, proses yang dilakukan adalah menganalisis data dengan mereduksi data, menyajikan data, penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik. Hasil pada penelitian ini menunjukan bahwa strategi guru PPKn menggunakan strategi mengajar guru yang variatif 2) strategi mengajar guru yang interaktif 3) memberikan apresiasi kepada siswa. Sedangkan faktor pendukung dan penghambat guru PPKn meliputi 1) faktor internal terdiri dari: minat belajar, kesiapan belajar dan sikap belajar siswa. 2) faktor ekternal terdiri dari lingkungan sosial sekolah, alat dan media pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Motivasi Belajar Siswa, Strategi, Guru PPKn
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Aug 2022 05:41
Last Modified: 03 Aug 2022 05:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30244

Actions (login required)

View Item View Item