PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN PENEMUAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN PPKn di SMP NEGERI 6 MATARAM

U’UM, ZUMIARTININGRUM (2022) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN PENEMUAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN PPKn di SMP NEGERI 6 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NOVITA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan pembelajaran penemuan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn. Populasi pada penelitian ini yaitu semua kelas VII di SMP Negeri 6 Mataram. Sampel penelitian yaitu kelas VII A dan VII C setelah dilakukan penyepadanan kelas. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan equivalen Control Group Desigen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes bentuk pilihan ganda yang telah memenuhi persyaratan uji instrumen penelitian. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis menggunakan T-test menunjukan bahwa thitung hasil belajar siswa 6,958 < dari ttabel sebesar 1,683. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan pembelajaran penemuan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Pembelajaran Penemuan, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Aug 2022 05:41
Last Modified: 03 Aug 2022 05:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30246

Actions (login required)

View Item View Item