FRIKSI DALAM INTERAKSI PRIBADI ALI MOCHTAR NGABALIN DALAM DIALOG ACARA MATA NAJWA DI TRANS 7: KAJIAN KESANTUNAN PERSPEKTIF TEORI ROBIN LAKOFF

ILHAM, ILHAM (2022) FRIKSI DALAM INTERAKSI PRIBADI ALI MOCHTAR NGABALIN DALAM DIALOG ACARA MATA NAJWA DI TRANS 7: KAJIAN KESANTUNAN PERSPEKTIF TEORI ROBIN LAKOFF. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS_ILHAM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Ilham. 2022.”Friksi dalam Interaksi Pribadi Ali Mochtar Ngabalin dalam Dialog Acara Mata Najwa di Trans 7: Kajian Kesantunan Perspektif Teori Robin Lakoff”. Dibimbing oleh Sukri dan Johan Mahyudi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis friksi dalam interaksi pribadi Ali Mochtar Ngabalin dalam dialog Acara Mata Najwa di Trans 7 yang berjudul gara�gara tagar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan kesanantunan teori Robin Lakoff. Dengan menganalisis 7 episod Mata Najwa, penelitian ini menemukan bahwa ucapan Ali Mochtar Ngabalin dalam dialog Mata Najwa dapat dikatakan tidak santun meskipun tuturan yang disampaikan bersifat formal dan tidak tegas. Hal ini dikarenakan pilihan kata, sikap, dan nada bicara selama dialog berlangsung tidak memenuhi aspek-aspek dalam teori Robin Lakoff. Bagaimanapun juga, penelitian ini tidak luput dari kekurangan sehingga diharapkan untuk penelitian selanjutnya memperluas obyek kajian yang tidak hanya mencakup tuturan melainkan dari segi nada bicara, gestur tubuh, dan lain-lain.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: friksi, kesantunan, mata najwa, ali mochtar ngabalin, robin lakof
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Aug 2022 05:41
Last Modified: 03 Aug 2022 05:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30250

Actions (login required)

View Item View Item