EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA DARING MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM DI ERA PANDEMI COVID-19 DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X IPA 1 DI SMA NEGERI 1 JEREWEH TAHUN AJARAN 2021/2022

Wilmar, Anggara Kharisma (2022) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA DARING MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM DI ERA PANDEMI COVID-19 DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X IPA 1 DI SMA NEGERI 1 JEREWEH TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
FILE skripsi_Wilmar Anggara Kharisma.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika secara daring menggunakan aplikasi google classroom di era pandemi covid-19 ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X IPA 1 di SMA Negeri 1 Jereweh Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis Penelitian adalah penelitian kuasi eksperimen pendekatan kuantitatif. Adapun populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X, sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas X IPA 1 yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelas X IPA 1 A sebagai kelompok kontrol dan kelas X IPA 1 B sebagai kelompok eksperimen. Instrumen penelitian berupa tes uraian dengan masing-masing 3 butir soal pre-test dan post-test. Suatu pembelajaran akan dikatakan efektif apabila mampu memenuhi indikator efektivitas sebagai berikut: (1) Adanya peningkatan rata-rata hasil belajar siswa setelah digunakan aplikasi belajar google classroom, (2) Terciptanya suasana belajar yang positif dan, (3) Adanya perbedaan nilai yang signifikan antara kedua kelas setelah diterapkan aplikasi belajar. Sehingga berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa respon belajar yang diberikan siswa menunjukkan terciptanya suasana belajar yang positif hal ini ditandai dengan hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan sebesar 0,85% dan terdapatnya perbedaan nilai yang signifikan dimana, rata-rata skor kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan aplikasi google classroom lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata skor kemampuan berpikir kreatif siswa yang mengikuti proses pembelajaran daring biasa. Berdasarkan kriteria keefektivan pembelajaran tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika secara daring menggunakan aplikasi google classroom di era pandemi covid-19 ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif siswa berjalan efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Google Classroom, Pandemi Covid-19, Kemampuan Berpikir Kreatif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Aug 2022 05:41
Last Modified: 03 Aug 2022 05:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30258

Actions (login required)

View Item View Item