RANCANG BANGUN MARKETPLACE DALAM MENGEMBANGKAN UMKM BIDANG KULINER DI KOTA MATARAM BERBASIS ANDROID

RAYNALDY, RAMDHAN WARDHANA (2022) RANCANG BANGUN MARKETPLACE DALAM MENGEMBANGKAN UMKM BIDANG KULINER DI KOTA MATARAM BERBASIS ANDROID. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR_F1D017073_RAYNALDY RAMDHAN WARDHANA_RANCANG BANGUN MARKETPLACE DALAM MENGEMBANGKAN UMKM BIDANG KULINER DI KOT~1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) turut berkontribusi terhadap pertumbuhan perekonomian Indonesia. Dalam menjalankan usaha yang bergerak di bidang UMKM terdapat banyak kendala yang dihadapi oleh sebagian besar pelakunya salah satunya dalam hal pemasaran. Berdasarkan penelitian tentang UMKM di provinsi NTB, jumlah UMKM di Kota Mataram per 31 Desember 2018 terdapat sebanyak 58.139 usaha. Walaupun pemerintahan sudah mengupayakan untuk membantu para pelaku UMKM, akan tetapi masih banyak UMKM yang belum dikenal oleh masyarakat sehingga para penjual harus mempromosikan produknya di berbagai tempat agar produknya dapat terjual salah satunya yaitu dengan memanfaatkan teknologi seperti menjual produknya melalui aplikasi. Untuk itu, pada penelitian ini penulis membangun aplikasi marketplace UMKM bidang kuliner di kota Mataram berbasis Android agar para pelaku UMKM kuliner di kota Mataram dapat mempromosikan dan menjual produknya melalui aplikasi tersebut. Proses pembuatan aplikasi tersebut menggunakan metode SDLC (System Development Life Cycle) dengan model waterfall dan pengujian dengan black box testing. Dalam perancangannya, aplikasi yang dibuat dibangun menggunakan bahasa pemrograman Kotlin dan service Firebase. Dari pengujian setelah proses pengembangan aplikasi didapatkan hasil dari pengujian black box bahwa seluruh scenario pengujian yang telah dibuat telah sesuai dengan yang diharapkan. Selanjutnya juga dilakukan pengujian dengan MOS (Most Opinion Scrore) dan hasil yang didapatkan yaitu nilai rata-rata dari seluruh responden untuk nilai sangat setuju sebesar 45.33%, setuju sebesar 34%, 16.67% untuk cukup, dan 4.67% untuk kurang setuju.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Marketplace, UMKM, kuliner, kota Mataram, Android
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Aug 2022 05:41
Last Modified: 03 Aug 2022 05:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30263

Actions (login required)

View Item View Item