PROFIL DRUG RELATED PROBLEMS (DRPs) PADA PASIEN SKIZOFRENIA DI INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT JIWA MUTIARA SUKMA PROVINSI NTB TAHUN 2020

VIRNIA, WANDA UTAMI (2022) PROFIL DRUG RELATED PROBLEMS (DRPs) PADA PASIEN SKIZOFRENIA DI INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT JIWA MUTIARA SUKMA PROVINSI NTB TAHUN 2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Virnia Wanda U_Potensi Interaksi Obat pada Pasien Skizofrenia di RSJ MS Tahun 2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)

Abstract

Skizofrenia adalah gangguan mental kronis dan parah yang ditandai dengan distorsi dalam berpikir, persepsi, emosi, bahasa, rasa diri dan perilaku. Jenis terapi yang diberikan yaitu terapi utama berupa antipsikotik dan terapi pendukung yakni non-antipsikotik, baik diberikan secara tunggal maupun kombinasi. Multipel terapi berpotensi meningkatkan Drug Related Problems (DRPs) yang berpengaruh pada efektivitas dan keamanan pengobatan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat profil Drug Related Problems (DRPs) di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Jiwa Mutiara Sukma NTB. Rancangan penelitian bersifat deskriptif, menggunakan desain Cross-sectional dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Jumlah sampel yang dibutuhkan adalah 105 pasien skizofrenia yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Studi penelitian bersifat retrospektif, berbasis rekam medis pada periode Januari�Desember 2020. Kriteria DRPs merujuk pada PCNE V9.01, diolah dengan software Microsoft excel 2019 untuk mendapatkan hasil persentase kejadian Drug Related Problems (DRPs). Hasil penelitian menunjukkan dari 105 pasien 89,5% mengalami DRPs dengan total kejadian 116. Kategori DRPs yang terjadi berurutan dari yang tertinggi adalah kategori efek buruk obat mungkin terjadi (76,9%) dengan persentase risperidon dan lorazepam mendominasi dengan tingkat keparahan moderat, obat tanpa indikasi (10,3%), dosis obat terlalu rendah (8,5%), waktu pemberian dan/atau interval pemberian dosis tidak tepat (1,7%), obat tidak tepat menurut pedoman/formularium (0,9%), terlalu banyak obat yang diresepkan untuk indikasi (0,9%), dan lama pengobatan terlalu singkat (0,9%). Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat kejadian drug related problems pada pasien skizofrenia di instalasi rawat inap Rumah Sakit Jiwa Mutiara Sukma NTB tahun 2020.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Skizofrenia, Drug Related Problems, Antipsikotik
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Program Studi Farmasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Aug 2022 05:42
Last Modified: 03 Aug 2022 05:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30264

Actions (login required)

View Item View Item