PEMANFAATAN LIMBAH CAIR AMPAS TAHU SEBAGAI TAMBAHAN NUTRISI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL DUA VARIETAS TANAMAN SELADA (Lactuca sativa L.)

Baiq, Mutiara Husna (2022) PEMANFAATAN LIMBAH CAIR AMPAS TAHU SEBAGAI TAMBAHAN NUTRISI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL DUA VARIETAS TANAMAN SELADA (Lactuca sativa L.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI BAIQ MUTIARA HUSNA JILID.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui volume cair ampas tahu dan varietas yang paling berpengaruh terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman selada (Lactuca sativa L.). Penelitian dilakukan di Desa Kopang Rembige, Kecamatan Kopang, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Metode yang digunakan yaitu metode eksperimental. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial yang terdiri atas 2 faktor yaitu volume cairan ampas tahu dan varietas selada. Faktor pertama adalah volume cairan ampas tahu yang terdiri dari empat taraf perlakuan yaitu P0 (kontrol), P1 (125 ml/polybag), P2 (250 ml/polybag), P3 (500 ml/polybag). Faktor kedua adalah varietas selada dengan dua taraf perlakuan yaitu V1 (Varietas green rapid) dan V2 (Varietas red rapid). Dari kedua faktor tersebut terdapat 8 kombinasi perlakuan. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis sidik ragam (ANOVA) pada taraf 5% dengan uji lanjut Uji Beda Nyata Jujur (BNJ). Hasil penelitian menunjukkan bahwainteraksi antara volume cairan ampas tahu dengan varietas selada hanya berpengaruh pada parameter luas daun. Pertumbuhan dan hasil yang terbaik terdapat pada tanaman selada hijau, dimana setiap volume cairan ampas tahu dibandingkan dengan perlakuan kontrol dan varietas selada merah.Volume cairan ampas tahu 250-500 ml berpengaruh terhadap parametertinggi tanaman, luas daun dan jumlah daun. Varietas selada hijau memiliki hasil yang lebih tinggi terhadap semua parameter dibandingkan dengan varietas selada merah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Cairan; Ampas; Tahu; Selada; Hijau-Merah
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 04 Aug 2022 03:46
Last Modified: 04 Aug 2022 03:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30274

Actions (login required)

View Item View Item