MARGINALISASI HAK PEREMPUAN DALAM PEMBAGIAN HARTA WARIS MENURUT HUKUM ADAT DI DESA KAWO KECAMATAN PUJUT KABUPATEN LOMBOK TENGAH

ZAINUL, IHSAN ZAELANI (2022) MARGINALISASI HAK PEREMPUAN DALAM PEMBAGIAN HARTA WARIS MENURUT HUKUM ADAT DI DESA KAWO KECAMATAN PUJUT KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ZAINUL IHSAN ZAELANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (948kB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui marginalisasi hak perempuan dalam pembagian harta waris menurut hukum adat dan faktor yang mempengaruhi marginalisasi hak perempuan dalam pembagian harta waris menurut hukum adat di Desa Kawo Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif melalui langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa marginalisasi hak perempuan dalam pembagian harta waris menurut hukum adat di desa kawo kecamatan pujut menujukkan masih adanya marginalisasi dalam pembagian harta waris untuk perempuan dan ada pula faktor yang mempengaruhi marginalisasi hak perempuan yaitu ketetapan hukum adat, perempuan bukan keluarga tetap, perempuan tidak bisa menjadi wali nikah dan perempuan tidak bisa dan pada zaman dahulu perempuan tidak bisa menjadi pemimpin.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): hukum, adat, harta waris, hak, perempuan.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 04 Aug 2022 03:46
Last Modified: 04 Aug 2022 03:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30276

Actions (login required)

View Item View Item