Dampak Sosial Ekonomi dan Budaya Pembangunan Wisata Pantai Ekas (Studi Kasus Masyarakat yang Terdampak Relokasi di Desa Ekas Buana, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur)

HASAN I, HTIAR AKBAR (2022) Dampak Sosial Ekonomi dan Budaya Pembangunan Wisata Pantai Ekas (Studi Kasus Masyarakat yang Terdampak Relokasi di Desa Ekas Buana, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Hasan Ikhtiar Akbar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pembangunan wisata Pantai Ekas mengakibatkan adanya relokasi rumah warga yang berada di pinggir pantai, relokasi ini dilakukan atas kebijakan Pemerintah Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak sosial ekonomi yang terjadi akibat adanya pembangunan wisata khususnya masyarakat yang terdampak relokasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Perilaku Sosial B.F. Skinner dan Teori Pembangunan Berkelanjutan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi.). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa; 1. Terdapat dampak sosial yaitu status sosial pendidikan menjadi lebih baik, lembaga atau komunitas semakin aktif serta kondisi sosial masyarakat seperti, kerja sama (tolong menolong, bersih-bersih pantai, menjaga kelestarian mangrove), asimilasi (ditunjukkan dengan tetap membaur), akomodasi (tetap menjaga interaksi), toleransi (menjaga kerukunan antar warga), serta ritual adat masih tetap bertahan. 2. Terdapat dampak ekonomi yang dirasakan oleh masyarakat yaitu produksi hasil laut meningkat, karena semakin banyaknya pembudidya, masuknya teknologi dan tidak hanya langsung dijual melainkan diolah menjadi pesor rumput laut, aspek distribusi atau pemasaran, hasil laut atau budidaya (lobster) diekspor ke Vietnam, meningkatnya pendapatan masyarakat dari sebelumnya 60 ribu sehari sampai yang sekarang 250 atau 300 ribu sehari, adanya pekerjaan tambahan, seperti mendirikan lapak dagang, penyewaan perahu, alat-alat camping, aset-aset mulai bertambah. Gaya hidup terutama anak-anak remaja mengikuti zaman seperti cara berpakaian dan lebih aktif bermain sosial media.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Pembangunan Wisata, Dampak Sosial Ekonomi dan Budaya, Relokasi
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 04 Aug 2022 03:46
Last Modified: 04 Aug 2022 03:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30277

Actions (login required)

View Item View Item