PENGARUH METODE PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS 4 MATARAM

MADE ARIANA REGITA ULANDARI, NI (2022) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS 4 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NI MADE ARIANA REGITA ULANDARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode learning starts with a question (LSQ) terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus 4 Mataram Tahun Ajaran 2021/2022. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen tipe quasi eksperimen nonequivalent control group design. Dalam melaksanakan rancangan penelitian tersebut, penentuan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol ditentukan dengan xx purpossiive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif kuantitatif. Selanjutnya, skor pretest dan posttest hasil belajar IPS siswa pada penelitian ini diuji dengan menggunaskan uji kolmogorov-smirnov dan uji homogenitas menggunakan uji Levene. Melalui uji statistik tersebut diketahui bahwa taraf kepercayaan 95%, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan metode learning starts with a question (LSQ) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V di SDN Gugus 4 Mataram Tahun Ajaran 2021/2022 dengan perbedaan rata-rata (mean difference) sebesar 11.086, sedangkan pada nilai uji-t pada taraf signifikansinya memperoleh nilai Sig.(2-tailed) < 0,05 yaitu 0,000 bahwa t-hitung (9,048) > t-tabel (1,992). Sehingga dapat dismpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, ini berarti metode Learning Starts With a Question (LSQ) berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa pada mata pelajaran IPS kelas V perbedaannya berkisar antara 8.645 sampai 13.526 (pada lower dan upper) dan berdasarkan pada hasil uji effect size memperoleh nilai 0,625 tergolong sedang berdasarkan klasifikasi effect size pada tabel sebesar 0,5 ≤ d < 0,8. Hasil penelitian tersebut sesuai dengan teori-teori yang relevan yang menunjukkan bahwa metode learning starts with a question (LSQ) mampu melatih kegiatan belajar yang menunjang perubahan pada hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata-kata Kunci: Learning Starts With A Question (LSQ), Hasil Belajar Siswa.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 04 Aug 2022 03:46
Last Modified: 04 Aug 2022 03:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30286

Actions (login required)

View Item View Item