ANALISIS PERLAWANAN PEDAGANG PASAR TRADISIONAL PAOKMOTONG TERHADAP RELOKASI PASAR TRADISIONAL PAOKMOTONG KECAMATAN MASBAGIK LOMBOK TIMUR

Rozana, Rozana (2022) ANALISIS PERLAWANAN PEDAGANG PASAR TRADISIONAL PAOKMOTONG TERHADAP RELOKASI PASAR TRADISIONAL PAOKMOTONG KECAMATAN MASBAGIK LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ROZANA _L1C018093.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang perlawanan pedagang pasar terhadap relokasi Pasar Paokmotong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif pedagang, bentuk perlawanan pedagang terhadap relokasi Pasar Paokmotong, dan proses rekonsiliasi yang diupayakan pihak terkait dalam meredam konflik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Teori yang digunakan sebagai pisau analisis dalam penelitian ini adalah teori fenomenologi Alfred Schutz, teori resistensi James Scott dan teori perdamaian Johan Galtung. Analisis data menggunakan analisis data interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian :1) Motif sebab perlawanan pedagang Pasar Paokmotong muncul dikarenakan oleh hasrat ingin meningkatkan pendapatan dan omset penjualan, kepemilikan lapak yang luas, rasa nyaman, rasa takut pasar akan sepi dan masa sewa HGB yang belum berakhir. Sedangkan motif tujuan perlawanan pedagang Pasar Paokmotong untuk menunda relokasi, mendapat lapak yang luasnya sama dengan lapak yang ditempati di pasar lama dan mendapatkan lapak yang strategis. 2)Bentuk-bentuk perlawanan yang dilakukan pedagang dalam menolak relokasi Pasar Paokmotong yaitu dengan cara tetap berjualan di pasar lama, marah dan membicarakan kebijakan pemerintah dan dengan cara demonstrasi. 3) Proses rekonsiliasi yang dilakukan dalam meredam konflik yaitu dengan menggunakan perdamaian positif, dan mediasi. Adapun rekonsiliasi yang dilakukan dengan memberikan tempat yang layak dan lahan yang sesuai serta kompensasi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Perlawanan, Pedagang Pasar, Relokasi
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 04 Aug 2022 05:15
Last Modified: 04 Aug 2022 05:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30292

Actions (login required)

View Item View Item