PENGARUH INTEGRASI METODE SAINTIFIK DAN KOMUNIKATIF TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII

AMBOK, PANAIK WANGSA MAKASA (2022) PENGARUH INTEGRASI METODE SAINTIFIK DAN KOMUNIKATIF TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Tesis Ambok Panaik Wangsa Makasa I2H020006.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Era pandemic membawa bnyak dampak dan pengaruh dalam kehidupan tak terkecuali dunia pendidikan. Selama pandemic tenaga pengajar harus mencari cara untuk dapat memaksimalkan proses pembelajaran yang ada, agra pembelaajaran menjadi lebih bermakna dan efektif selama proses pembelajaran online berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh integrasi metode komunikatif dan saintifik terhadap kemampuan berbicara siswa kelas VIII bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen dengan menggunakan desain posttest only control. Subjek penelitian terdapat 30 sampel siswa yang terdiri dari 2 kelompok yaitu kelompok no tretment (kelas A) dan kelompok tretment (kelas C). Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala rating, yang dianalisis menggunakan bantuan program spss. Hasil penelitian menunjukan bahwa intergrasi metode komunikatif dan saintifik ini berpengaruh terhadap kemampuan berbicara siswa kelas VIII. Hal tersebut dapat di lihat dari hasil uji t nilai sig (2 tailed) yaitu 0,200 yang lebih besar dari nilai sig 0,005.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Integrasi, Saintifik, Komunikatif, Berbicara, Siswa Kelas 8
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 04 Aug 2022 08:02
Last Modified: 04 Aug 2022 08:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30295

Actions (login required)

View Item View Item