WIRYANOTA, SATRA (2017) NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM CERITA RAKYAT BALANG KESIMBAR DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMP. S1 thesis, Universitas Mataram.
|
Text
SATRA WIRYANOTA NIM. E1C009002.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) nilai-nilai pendidikan dalam Cerita Rakyat Balang Kesimbar, (2) hubungannya dengan pembelajaran sastra di SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan dalam cerita rakyat Balang Kesimbar dan mengkaitkan hubungannya dengan pembelajaran sastra di SMP. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah studi kepustakaan dan catat. Metode analisis data digunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) nilai-nilai pendidikan cerita rakyat Balang Kesimbar terkandung nilai pendidikan agama, nilai pendidikan moral dan nilai pendidikan sosial. Selanjutnya, (2) mengaitkan hubungannya dengan pembelajaran sastra di SMP. Standar Kompetensi yang digunakan adalah mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan. Penelitian ini dapat dijadikan bahan ajar dan panduan siswa SMP karena cerita rakyat tersebut dapat memenuhi kriteria pemilihan bahan ajar. Dengan adanya aspek-aspek yang berkaitan dengan pembelajaran sastra di SMP, maka tujuan utama penelitian ini dapat tercapai sesuai dengan yang telah ditetapkan dan ditargetkan dalam KTSP.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Nilai-nilai Pendidikan, Cerita Rakyat, dan Pembelajaran Sastra. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 24 Apr 2018 01:40 |
Last Modified: | 24 Apr 2018 01:40 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3030 |
Actions (login required)
View Item |