TRADISI MANGAN MERANGKAT DALAM PROSESI PERKAWINAN MASYARAKAT SASAK (Studi di Desa Barabali Kecamatan Batukliang Kecamatan Lombok Tengah)

IRHAM, SAPUTRA (2022) TRADISI MANGAN MERANGKAT DALAM PROSESI PERKAWINAN MASYARAKAT SASAK (Studi di Desa Barabali Kecamatan Batukliang Kecamatan Lombok Tengah). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Irham saputra Yudicium.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Di Indonesia kata perkawinan sudah tidak asing lagi terdengar dikalangan masyarakat Sasak. Tradisi ini adalah suatu adat kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat secara terus menerus, tradisi tumbuh dan berkembang sesuai dengan lingkungan sosial masyarakat dan biasanya tidak disertai dengan aturan-aturan tertulis, namun wujudnya dalam bentuk lisan, perilaku dan kebiasaan. Salah satunya tradisi yang terdapat di Suku Sasak yaitu mangan merangkat. Mangan merangkat merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat setempat ketika ada seseorang yang melakukan suatu pernikahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji proses pelaksanaan dan nilai-nilai yang terdapat di dalam tradisi mangan merangkat di Desa Barabali Kecamatan Batukliang Kabupaten Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat (NTB). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian etnografi yaitu pendekatan untuk menjelaskan tentang suatu kebudayaan dalam individu/kelompok. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa tradisi mangan merangkat dilaksanakan dalam beberapa tahapan mulai dari persiapan peralatan dan bahan, memasak, dan begibung/makan bersama. Selain itu terdapat nilai yang terkandung dalam proses pelaksanaan tradisi mangan merangkat yaitu, nilai gontong royong, kekeluargaan dan solidaritas sosial. Penelitian ini menjadi acuan dan implikasi ke masyarakat dan dapat dijadikan dokumen tertulis dalam menjaga dan melestarikan tradisi mangan merangkat dalam perkawinan masyarakat Sasak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Tradisi, Mangan merangkat, Nilai
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Aug 2022 02:10
Last Modified: 05 Aug 2022 02:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30301

Actions (login required)

View Item View Item