UPAYA PONDOK PESANTREN DALAM PEMBINAAN MORAL SANTRI MELALUI EKSTRAKURIKULER TAHFIDZ ALQUR’AN (Studi Di Pondok Pesantren Tahfizul Qur’an Al-Yaumi Mataram)

MUHAMMAD, HASANUDIN (2022) UPAYA PONDOK PESANTREN DALAM PEMBINAAN MORAL SANTRI MELALUI EKSTRAKURIKULER TAHFIDZ ALQUR’AN (Studi Di Pondok Pesantren Tahfizul Qur’an Al-Yaumi Mataram). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Hasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Program Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Yaumi dalam Pembinaan Moral Santri melalui Ekstrakurikuler Tahfidz Al-Qur’an. (2) Faktor Apa Saja Pendukung dan Penghambat Bagi Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’An Al-Yaumi dalam Pembinaan Moral Santri melalui Ekstrakurikuler Tahfidz Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Program Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Yaumi dalam Pembinaan Moral Santri melalui Ekstrakurikuler Tahfidz Al-Qur’an dengan upaya pondok Pesantren Tahfizul Qur’an Al-Yaumi dalam membina moral santrinya yaitu. Kegiatan tahfidz al�Qur‟an di pondok pesantren tahfizulqur’an al-yaumi. Pelaksanaan Program tahfidz al-Qur’an dalam pembinaan moral santri di pondok pesantren tahfizulqur’an al-yaumi.Pembinaan Moral Santri di Pondok Pesantren Tahfizulqur’an Al-yaumi melalui tahfidz alqur’an. (2) Faktor Apa Saja Pendukung dan Penghambat Bagi Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’An Al-Yaumi dalam Pembinaan Moral Santri melalui Ekstrakurikuler Tahfidz Al-Qur’an adalah faktor internal: Faktor internal, Kerjasama yang baik dan cara bimbingan para ustadz, Kelengkapan tenaga pengajar atau ustadz, Sarana belajar yang memadai, Motivasi santri. Faktor eksternal: lingkungan sosial (organisasi, pesantren, keluarga). Faktor penghambat pondok pesantren Tahfizul Qur’an Al-Yaumi dalam membina moral santri. Faktor internal: Masih kurangnya sarana dan prasarana, Melanggar aturan tanpa sepengetahuan pengurus pihak kesantrian. Faktor eksternal: perkembangan IPTEK yang begitu pesat, kemampuan ekonomi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Pembinaan Moral, Santri, Tahfidz Alqu‟An
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Aug 2022 02:10
Last Modified: 05 Aug 2022 02:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30302

Actions (login required)

View Item View Item