KERAGAMAN PREDATOR GENERALIS HAMA TANAMAN JAGUNG (Zea mays L.) DI PULAU LOMBOK PADA SISTEM TANAM MONOKULTUR DAN POLIKULTUR

Aan, Ferdiansyah (2022) KERAGAMAN PREDATOR GENERALIS HAMA TANAMAN JAGUNG (Zea mays L.) DI PULAU LOMBOK PADA SISTEM TANAM MONOKULTUR DAN POLIKULTUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI AAN...pdf
Restricted to Repository staff only

Download (974kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui populasi, keragaman dan dominansi predator hama tanaman jagung (Zea mays L.) pada kawasan dua sistem tanam monokultur dan polikultur di Pulau Lombok. Penelitian dilaksanakan di lakukan di tiga lokasi yaitu Desa Jagaraga Lombok Barat, Desa Sikur Lombok Timur dan Desa Embung Kondang Lombok Utara selama satu bulan, yaitu dari bulan Oktober sampai dengan bulan November 2020. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data secara langsung di lapangan pada sejumlah lokasi dan titik pengamatan. Hasil penelitian menunjukan keragaman populasi predator hama yang ditemukan cukup beragam terdiri dari enam famili yaitu Araneidae, Vespidae, Formicidae, Mentidae, Staphylinidae dan Coccinelidae. Famili hama paling tinggi di berasal dari famili Formadicidae. Jumlah predator hama pada sistem polikultur lebih tinggi dibandingkan dengan sistem monokultur. Sistem monokultur pada kabupaten Lombok Utara, Lombok Timur dan Lombok Barat berturut-turut yaitu 72, 59 dan 71 individu predator hama, sedangkan sistem polikultur berturut-turut yaitu 164, 225 dan 134 individu predator hama. Nilai t-hitung pada setiap perlakuan lebih tinggi dibandingkan nilai t-tabel sehingga terdapat perbedaan populasi hama pada setiap areal di Pulau Lombok. Kemudian pada indeks keragaman rata-rata dari setiap lokasi pada sistem monokultur mempunyai nilai 0,8 yang termasuk dalam kisaran rendah. Sedangkan sistem polikultur mempunyai nilai rata-rata keragaman lebih tinggi yaitu 1,21 yang berada pada kisaran sedang, sehingga keragaman predator hama lebih tinggi pada sistem polikultur dibanding sistem monokultur. Pada indeks dominansi pada sistem monokultur maupun polikultur berada pada kisaran rendah yaitu 0,50 dan 0,40 yang menandakan bahwa tidak terdapat jenis family predator hama yang mendominasi pada setiap perlakuan di semua lokasi penelitian.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Predator Hama Jagung, Polikultur, Monokultur, Pulau Lombo
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 07 Aug 2022 23:56
Last Modified: 07 Aug 2022 23:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30312

Actions (login required)

View Item View Item