PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER DISIPLIN BELAJAR ANAK (STUDI DESKRIPTIF DI DESA KALE’O KEC. LAMBU KAB. BIMA)

Syarif, Hidayatullah (2022) PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER DISIPLIN BELAJAR ANAK (STUDI DESKRIPTIF DI DESA KALE’O KEC. LAMBU KAB. BIMA). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SYARIF HIDAYATULLAH_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (967kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran keluarga dalam mengembangkan karakter disiplin belajar anak dan faktor-faktor Yang Mempengaruhi Peran Keluarga dalam Mengembangkan Karakter Disiplin Belajar Anak Di Dusun Suka Maju Desa Kaleo Kec. Lambu Kab. Bima. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif. Subjek dan informan dalam penelitian ini telah ditentukan berdasarkan kriteria-kriteria tertentu. Data yang telah terkumpul dianalisis secara deskriptif melalui Langkah pengumpulan data, reduksi data serta verifikasi dan penegasan kesimpulan. Temuan dalam penelitian ini yaitu mengenai peran keluarga dalam mengembangkan karakter disiplin belajar anak dalam tiga aspek, yaitu bentuk perlakuan keluarga dalam mengembangkan karakter disiplin belajar anak, pihak keluarga yang terlibat, dan rentang waktu kebersamaan keluarga dan anak. Kemudian dalam hal Disiplin Belajar, memiliki tiga aspek rincian pula yakni, belajar setiap hari, mengerjakan pekerjaan rumah serta belajar kelompok. Pengembangan karakter disiplin belajar anak oleh keluarga dihadapi dengan beberapa faktor seperti, faktor lingkungan, keluarga, sosial ekonomi, tingkat pendidikan, dan yang terakhir yaitu kepribadian.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Peran Keluarga, Disiplin Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 07 Aug 2022 23:56
Last Modified: 07 Aug 2022 23:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30316

Actions (login required)

View Item View Item