STRATEGI KOMUNIKASI PEMULIHAN KRISIS AKIBAT PANDEMI COVID-19 OLEH DINAS PARIWISATA KABUPATEN LOMBOK TIMUR UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH KUNJUNGAN WISATAWAN DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Miftahul, Jannah (2022) STRATEGI KOMUNIKASI PEMULIHAN KRISIS AKIBAT PANDEMI COVID-19 OLEH DINAS PARIWISATA KABUPATEN LOMBOK TIMUR UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH KUNJUNGAN WISATAWAN DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Miftahul Jannah ( L1B017067 ).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu industri yang sangat menjanjikan bagi pertumbuhan ekonomi di suatu negara. Industri pariwisata ini juga bisa dikatakan sebagai salah satu industri yang menjanjikan kesejahteraan bagi semua pihak yang melakoninya, sehingga industri pariwisata ini dapat membantu menekan angka pengangguran dan kemiskinan, menambah pendapatan daerah serta tentunya dapat meningkatkan pendapatan negara. Namun, sejak saat kemunculan bencana non alam Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19 memberikan dampak yang sangat luar biasa dahsyatnya tidak hanya berdampak negatif pada masalah kesehatan juga berdampak serius pada krisisnya hampir seluruh sektor salah satunya pada sektor pariwisata khususnya di Kabupaten Lombok Timur yang mengalami penurunan jumlah wisatawan yang sangat drastis. Oleh karena itu, situasi krisis ini harus segera di atasi oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Timur tentunya dengan melakukan strategi komunikasi pemulihan krisis yang baik dan tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, dan menganalisis strategi komunikasi pemulihan krisis akibat pandemi Covid-19 yang dilakukan Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Timur untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di Kabupaten Lombok Timur. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara wawancara semi terstruktur, observasi non partisipan, dan dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis model dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan strategi komunikasi pemulihan krisis akibat pandemi Covid-19 yang dilakukan Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Timur pada tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi yang telah dilakukan dapat dikatakan masih kurang efektif berdasarkan beberapa hal yang menjadi tolak ukur strategi komunikasi efektif menurut Ronald D. Smith dan Lasswell yaitu, antara lain: melakukan analisis situasi, analisis organisasi, analisis publik, dan menjawab komponen komunikasi. Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Timur melakukan evaluasi baru hanya dari tempat penginapan, apabila dilihat dari tempat penginapan sudah ada pergerakannya setelah menerapkan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, dan Environmental).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Pariwisata, Pemulihan Krisis, Covid-19, Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Timur.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 07 Aug 2022 23:56
Last Modified: 07 Aug 2022 23:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30317

Actions (login required)

View Item View Item