KOMUNIKASI PEMASARAN DINAS PARIWISATA PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT DALAM MEMPROMOSIKAN WORLD SUPERBIKE 2021

Harkees, Hirvad (2022) KOMUNIKASI PEMASARAN DINAS PARIWISATA PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT DALAM MEMPROMOSIKAN WORLD SUPERBIKE 2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Harkees Hirvad (L1B018044).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

World Superbike (atau biasa disebut dengan WSBK) sendiri adalah sebuah kejuaraan balap motor berskala internasional yang dimana menggunakan motor�motor produksi massal yang dijual dipasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguraikan tujuan, proses, dan bentuk komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Provinsi NTB dalam mempromosikan World Superbike 2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Wawancara dilakukan pada pegawai yang bekerja di bagian Bidang Pemasaran yaitu Bapak Lalu Amjad sebagai Kepala Bidang Pemasaran, Bapak Safrudin sebagai Kepala Seksi Promosi Pariwisata, Bapak Firman sebagai Kepala Seksi Kerjasama Pariwisata, dan Bapak Syarif sebagai Tim Media Sosial. Analisis data menggunakan metode analisis kualitatif yang memiliki empat tahap yaitu pengumpuan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Menguji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan Triangulasi Data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Provinsi dalam promosi World Superbike 2021 adalah menggunakan tujuan komunikasi pemasaran, proses komunikasi pemasaran, dan bentuk komunikasi pemasaran yang terdiri periklanan, public relation, penjualan personal, pemasaran langsung, event, merchandising, dan digital marketing communication, promotions, place, people, physical evidence, process, media online, dan media offline. Sekalipun demikian, ada beberapa bentuk komunikasi pemasaran yang tidak digunakan yaitu promosi penjualan, penjualan personal, merchandising, products, dan price.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: komunikasi pemasaran, pariwisata, World Superbike
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 07 Aug 2022 23:56
Last Modified: 07 Aug 2022 23:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30319

Actions (login required)

View Item View Item