PENGARUH PENERAPAN ALAT PRAKTIKUM SMART PENTALOID DENGAN MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA MATERI POKOK KOLOID KELAS XI SMA NEGERI 1 LABUAPI TAHUN AJARAN 2015/2016

Nurhidayatullah, BK (2022) PENGARUH PENERAPAN ALAT PRAKTIKUM SMART PENTALOID DENGAN MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA MATERI POKOK KOLOID KELAS XI SMA NEGERI 1 LABUAPI TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan alat praktikum Smart Pentaloid dengan model PBL (Problem Based Learning) terhadap hasil belajar kimia materi pokok koloid kelas XI SMA Negeri 1 Labuapi. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Labuapi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel terpilih yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan penerapan alat praktikum Smart Pentaloid dengan model PBL (Problem Based Learning) dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan model konvensional, yaitu ceramah dan tanya jawab. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan uji Anakova satu jalur dengan satu kovariabel diperoleh Fhitung sebesar 1.19, sedangkan nilai Ftabel dengan probabilitas 0,05 sebesar 4,10. Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh signifikan penerapan alat praktikum Smart Pentaloid dengan model PBL (Problem Based Learning) terhadap hasil belajar karena selisih nilai pre-test antara kelas eksperimen dan kontrol lebih yang besar dibanding selisih nilai posttest kedua kelas tersebut (4,55>3,2). Menunjukkan penerapan alat praktikum Smart Pentaloid dengan model PBL (Problem Based Learning) tidak memberikan peningkatan yang signifikan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata-Kata Kunci: Hasil belajar, alat praktikum Smart Pentaloid, PBL (Problem Based Learning), Koloid
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Aug 2022 23:17
Last Modified: 08 Aug 2022 23:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30331

Actions (login required)

View Item View Item