ROFIAH, ROFIAH (2022) HUBUNGAN ANTARA SIKAP SOSIAL DENGAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SELAMA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
Skripsi Rofiah (E1M017066).pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara sikap sosial dengan hasil belajar kimia siswa selama pandemi COVID-19. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif ex-post facto. Populasi penelitian sebanyak 406 siswa kelas XII IPA dari MAN 1 dan MAN 2 Mataram dengan jumlah sampel sebanyak 203 siswa yang terdiri dari 60 siswa MAN 1 Mataram dan 143 siswa MAN 2 Mataram. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan multistage random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket sikap sosial dan soal tes dari materi sifat koligatif larutan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik anilisis deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kategori untuk sikap sosial dan hasil belajar siswa termasuk dalam kategori cukup, dengan nilai tertinggi pada indikator toleransi. Hasil analisis statistik inferensial menggunakan uji asumsi dan uji hipotesis. Hasil penelitian uji hipotesis menggunakan korelasi Pearson Product Moment menunjukkan nilai korelasi sebesar 0,24; koefisien determinasi sebesar 5,8% dan thitung = 3,505 > ttabel = 1,972. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara sikap sosial dengan hasil belajar kimia siswa selama pandemi COVID-19 pada kelas XII IPA MAN 1 dan MAN 2 Mataram dengan tingkat korelasi yang rendah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kata kunci: Sikap sosial, hasil belajar kimia, siswa, MAN 1 Mataram, dan MAN 2 Mataram |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 08 Aug 2022 23:17 |
Last Modified: | 08 Aug 2022 23:17 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30332 |
Actions (login required)
View Item |