PENGARUH PERUBAHAN IKLIM TERHADAP INDEX KEKERINGAN BERDASARKAN METODE STANDARDIZED PRECIPITATION INDEX (SPI) DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR

RINA, ARIANTI (2022) PENGARUH PERUBAHAN IKLIM TERHADAP INDEX KEKERINGAN BERDASARKAN METODE STANDARDIZED PRECIPITATION INDEX (SPI) DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
1. NASKAH Rina Arianti (F1A015111).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kondisi iklim di wilayah Indonesia akhir-akhir ini sering mengalami perubahan. Perubahan secara faktual sudah terjadi di tingkat lokal, regional maupun global tidak terkecuali di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Secara umum perubahan iklim global akan membawa perubahan kepada parameter-parameter cuaca secara spesifik yaitu temperatur, curah hujan, tekanan, kelembaban udara, laju serta arah angin, kondisi awan, dan radiasi matahari. Akumulasi dari Gas Rumah Kaca (GRK) yang di atmosfer menyebabkan terjadinya pemanasan global serta perubahan iklim global. Studi ini bermaksud untuk menerapkan metode Standardized Precipitation Index (SPI) untuk menganalisa kekeringan di Kabupaten Lombok Timur dan untuk mengetahui pengaruh perubahan iklim terhadap kekeringan sehingga nantinya dapat dilakukan antisipasi terhadap kekeringan dengan pemahaman karakteristik iklim di wilayah tersebut dengan baik Indeks kekeringan dengan metode Standardized Precipitation Index (SPI) di Kabupaten Lombok Timur secara umum masuk ke kategori Normal (N) sebanyak 72,20 %, sedangkan kategori kering yang di tandai dengan Indeks Kekeringan lebih kecil dari -1 sebanyak 6,83%. Curah Hujan dan Suhu semuanya berkorelasi positif dengan Indeks Kekeringan SPI dengan koefisien korelasi dan koefisien determinasi positif kecil. Hal ini menunjukkan bahwa kedua parameter perubahan iklim yang utama yaitu suhu dan curah hujan memiliki hubungan pada besaran indeks kekeringan SPI meskipun hubungan yang lemah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Pengaruh Perubahan Iklim, Suhu, Curah Hujan, Indeks Kekeringan, SPI,
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Aug 2022 23:18
Last Modified: 08 Aug 2022 23:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30334

Actions (login required)

View Item View Item