PERENCANAAN SISTEM DRAINASE BERWAWASAN LINGKUNGAN MENGGUNAKAN SUMUR RESAPAN DI PERUMAHAN GRIYA TAMAN SARI KECAMATAN LABUAPI KABUPATEN LOMBOK BARAT

PUTRA, PURNAMA SAYDIN (2022) PERENCANAAN SISTEM DRAINASE BERWAWASAN LINGKUNGAN MENGGUNAKAN SUMUR RESAPAN DI PERUMAHAN GRIYA TAMAN SARI KECAMATAN LABUAPI KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi PUTRA PURNAMA SAYDIN (F1A016135) finally.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Dua jenis sistem drainase yaitu sistem drainase konvensional dan sistem drainase berwawasan lingkungan. Konsep dari sistem konvensional adalah seluruh air hujan yang jatuh ke suatu daerah secepatnya dialirkan atau dibuang ke sungai terdekat. Sedangkan konsep drainase berwawasan lingkungan adalah mengendalikan kelebihan air permukaan sehingga air limpasan dapat mengalir secara terkendali dan lebih banyak meresap ke dalam tanah, salah satunya menggunakan sumur resapan. Tujuan dari Tugas Akhir ini adalah merencanakan sumur resapan di Perumahan Griya Taman Sari yang berlokasi di Kecamatan Labuapi, Kabupaten Lombok Barat dengan menghitung hujan rancangan, debit rencana dan menghitung efektifitasan sumur resapan yang digunakan serta memperkirakan rencana anggaran biaya yang dibutuhkan. Perencanaan ini diharapkan dapat mengurangi genangan/banjir pada musim hujan dan menghindari ancaman kekeringan pada musim kemarau serta dapat mendukung usaha konservasi sumber daya air. Metode yang digunakan dalam perencanaan ini menggunakan perhitungan analisis hidrologi dan metode Sunjoto. Dari hasil analisis perhitungan didapat besar hujan rancangan dengan kala ulang 2 tahun adalah 84,140 mm, debit rencana untuk tiap tipe rumah adalah sebesar 0,008 - 0,017 m³/dtk. Dimensi sumur resapan direncanakan dengan diameter yang sama, yakni 0,8 m. Dari hasil perhitungan didapatkan satu macam dimensi untuk perencanaan sumur resapan. Yang berdiameter 0,8 m dengan kedalaman 1 m dengan jumlah sumur resapan di Perumahan Griya Taman Sari mengikuti jumlah rumah yang terdapat dilokasi yaitu sebesar 500 unit. Efektivitas sumur resapan di perumahan Griya Taman Sari pada periode kala ulang 2 tahun sebesar 68 % dan tersisa 32 % yang nantinya akan masuk ke saluran-saluran drainase yang ada di perumahan Griya Taman Sari dan diteruskan ke sungai terdekat (sungai Kelongkong). Rencana anggaran biaya yang dibutuhkan untuk pembuatan sumur resapan pada tiap rumah (D= 0,8 m ; H = 1 m) adalah sebesar Rp 3.755.115. dan untuk total biaya keseluruhan pembuatan sumurresapan di Perumahan Griya Taman Sari adalah sebesar Rp 1.877.557.588.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Drainase Berwawasan Lingkungan, Sumur Resapan
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Aug 2022 23:18
Last Modified: 08 Aug 2022 23:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30335

Actions (login required)

View Item View Item