PENGARUH AUTOMATIC HYDRANT TERHADAP PENANGGULANGAN BAHAYA KEBAKARAN DI TERMINAL PENUMPANG BANDAR UDARA INTERNASIONAL ZAINUDDIN ABDUL MADJID LOMBOK

WAHYU, AGUSTIO BOENDA (2022) PENGARUH AUTOMATIC HYDRANT TERHADAP PENANGGULANGAN BAHAYA KEBAKARAN DI TERMINAL PENUMPANG BANDAR UDARA INTERNASIONAL ZAINUDDIN ABDUL MADJID LOMBOK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KTI WAHYU AGUSTIO BOENDA 2022 (FIXX).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Bahaya Kebakaran menurut International Labour Organization (ILO,1991) adalah suatu kejadian yang tidak diinginkan dan kadangkala tidak dapat dikendalikan, sebagai hasil pembakaran suatu bahan dalam udara dan mengeluarkan energi panas dan nyala api sehingga dapat menimbulkan kerusakan di sekitar dan hilangnya nyawa seseorang. Kebakaran gedung adalah peristiwa penyebab kerusakan yang dapat terjadi kapanpun dan tidak dapat diprediksi sehingga dapat mengakibatkan kerugian materi dan korban jiwa. Potensi bahaya kebakaran di gedung terminal pada umumnya rendah karena sesuai dengan yang tertuang dalam PM 127 tahun 2015 tentang Program Keamanan Penerbangan Nasional bahwa daerah terminal bandar udara dilindungi, dikendalikan dan diawasi oleh Unit Penyelenggara Bandar Udara dan Badan Usaha Bandar Udara. Penulis menggunakan metode pengumpulan data dengan 3 metode, ovservasi, wawancara dan metode dokumentasi. Teknik pengumpulan data digunakan oleh penulis untuk menysusn karya tukus ilmiah. Dari hasil pengumpulan data meunjukan bahwa hidran yang menggunakan Automatic system dapat mempengaruhi terhadap penanggulangan bahaya kebakaran yang ada di terminal penumpang Bandar Udara Internasional Zainudin Abdul Madjid Lombok, karena penggunaan dengan Automatic system lebih baik ketimbang manual sistem.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Bandar udara, terminal, penanggulangan, kebakaran, penumpang.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Aug 2022 23:18
Last Modified: 08 Aug 2022 23:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30341

Actions (login required)

View Item View Item