DESAIN ULANG STRUKTUR GEDUNG KONDOMINIUM HOTEL AMARSVATI LOMBOK DENGAN PORTAL BAJA BETON KOMPOSIT DAN ISOLASI DASAR

MUHAMAD, HASBI BERLIAN (2022) DESAIN ULANG STRUKTUR GEDUNG KONDOMINIUM HOTEL AMARSVATI LOMBOK DENGAN PORTAL BAJA BETON KOMPOSIT DAN ISOLASI DASAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
02. NASKAH FINAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)

Abstract

Pariwisata di Indonesia khususnya pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat semakin berkembang pesat, hal ini menyebabakan sektor perhotelan mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Sehingga para investor tertarik untuk menanamkan investasi pada pembangunan hotel. Lombok merupakan daerah yang rawan terhadap gempa. Oleh karena itu struktur bangunan harus di desain dengan komponen material yang kuat dan bangunan tahan gempa. Untuk mengurangi hal tersebut pada perencanaan ini digunakan alternatif berupa penggunaan sistem struktur komposit baja-beton dan ditambahkan dengan base isolation bertujuan mengurangi gaya gempa dan mengurangi simpangan antar lantai yang terjadi pada struktur. Keunggulan struktur komposit baja-beton dibandingkan beton bertulang dapat mengurangi berat struktur, meningkatkan kapasitas pemikul beban, menambah bentang layan dan daktilitas tinggi. Studi kasus desain ulang pada gedung Kondominium Hotel Amarsvati yang terdiri dari 13 lantai dan 1 lantai dak atap yang menggunakan struktur beton bertulang. Mutu bahan yang digunakan berupa beton f’c 30 Mpa, mutu baja profil BJ 41 fy = 250 Mpa, fu = 400 Mpa, mutu pelat siku BJ 37 (fy =240 Mpa) dan base isolator yang digunakan adalah Friction Pendulum Sstem (FPS) yang sesuai dengan katalog Mageba. Permodelan dan analisa struktur menggunakan program ETABS Student Version. Hasil akhir dari analisis yaitu berupa elemen struktur komposit, berat struktur, periode getar, base shear, nilai translasi dan cek kontrol kinerja struktur. Dari hasil analisis, struktur komposit diperoleh dimensi balok induk 300/600, balok anak sebesar 275/500 dan kolom 650/650 untuk dimensi terbesar. Struktur base isolation didapatkan diameter FPS 735 mm dengan beban aksial kolom yang ditanggung 77841,40 kN. Struktur komposit baja-beton dapat mereduksi berat struktur sebesar 8,50% dan 8,43% terhadap struktur konvensional dan base isolation. Terjadi peningkatan periode getar struktur terhadap struktur konvensional yang memiliki periode getar struktur 3,062 detik. Peningkatan periode getar struktur dengan komposit baja-beton memiliki periode getar 3,305 detik. Sedangkan struktur base isolation memiliki periode yang lebih besar yaitu 4,654 detik. Penggunaan Struktur base isolation dapat mereduksi gaya geser dasar struktur sebesar 59,27% dan 63,81% untuk kedua arah terhadap struktur konvensional. Didapatkan nilai translasi lebih besar menggunakan base isolator sebesar UX=74%, UY=93% dan RZ=75%, dibandingkan dengan struktur komposit. Kontrol Kinerja batas layan didapatkan nilai simpangan terbesar struktur base isolator arah X dan Y berturut turut sebesar 19,956 mm dan 26,078 mm. Pada kinerja batas ultimit simpangan arah X dan Y base isolator didapatkan sebesar 109,758 mm dan 137,929 mm. Untuk partisipasi massa dari kinerja struktur gedung komposit dan base isolator mencapai 100%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Komposit baja-beton, Base Isolation, Friction Pendulum System, ETABS dan Kinerja struktur
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Aug 2022 23:33
Last Modified: 09 Aug 2022 23:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30363

Actions (login required)

View Item View Item