ALOKASI SUMBER DAYA MANUSIA DAN PERATAANNYA PADA PROYEK PEMBANGUNAN NICLAS NYRENSTEN VILLA MENGGUNAKAN MICROSOFT PROJECT 2016

Gusti Ayu Nadiya Pithaloka, I (2022) ALOKASI SUMBER DAYA MANUSIA DAN PERATAANNYA PADA PROYEK PEMBANGUNAN NICLAS NYRENSTEN VILLA MENGGUNAKAN MICROSOFT PROJECT 2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Naskah Skripsi-I Gusti Ayu Nadiya Pithaloka-F1A018127.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33MB)

Abstract

Berkembangnya suatu wilayah pariwisata, menjadikan pembangunan fasilitas penunjang pun semakin kompleks. Dalam proyek besar akan melibatkan sumber daya manusia yang banyak. Kebutuhan sumber daya yang tidak tertata baik akan menimbulkan berbagai macam masalah dikemudian hari. Salah satunya ialah fluktuasi penggunaan pekerja. Dalam menerapkan alocation dan leveling digunakan software Microsoft project 2016. Metode ini diterapkan pada suatu proyek konstruksi dengan resource yang ada. Sumber daya yang di bahas pada penelitian ini adalah tenaga kerja dan pada pembangunan Niclas Nyrensten Villa ini, tenaga kerja yang digunakan berdasarkan pada laporan harian yang kemudian di inputkan ke dalam Microsoft Project 2016. Setelah itu dilakukan leveling atau perataan dengan mengatur ulang jadwal dan menggeser beberapa item pekerjaan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa jumlah sumber daya manusia tertinggi yang digunakan sebanyak 129 orang pada minggu ke-7 dengan pengurangan durasi sebanyak 22,5% serta didapatkan schedule terbaru dengan jumlah sumber daya manusia yang lebih efisien.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): KATA KUNCI: Resource leveling, sumber daya manusia, Microsoft Project 2016.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Aug 2022 23:33
Last Modified: 09 Aug 2022 23:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30368

Actions (login required)

View Item View Item