PENGARUH JENIS TANAMAN YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP IKAN NILA (Oreochromis niloticus) DENGAN SISTEM AKUAPONIK

SOPIANDI, SOPIANDI (2022) PENGARUH JENIS TANAMAN YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP IKAN NILA (Oreochromis niloticus) DENGAN SISTEM AKUAPONIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
sopiandi skripsi pdff.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Ikan nila (Oreochromis niloticus) merupakan salah satu komoditas unggulan perikanan budidaya air tawar di Indonesia, permintaan terhadap kebutuhan ikan nila yang terus meningkat, kondisi lahan budidaya yang semakin sempit, menyebabkan terjadinya persaingan ruang. Terbatasnya sumber air dan lahan budidaya yang kurang memadai, kondisi tersebut menuntut pembudidaya untuk meningkatkan hasil produksi dengan beralih ke sistem budidaya intensif, yaitu pemanfaatan lahan sempit dengan padat penebaran yang tinggi serta penggunaan air yang minim. Pengelolaan air sebagai media budidaya dapat dilakukan melalui penerapan sistem resirkulasi. Sistem akuaponik merupakan perpaduan antara akuakultur (budidaya ikan) dan budidaya tanaman secara hidroponik dalam satu tempat. Prinsip dasar akuaponik adalah dapat dilakukan pada waktu yang bersamaan dengan cara memanfaatkan limbah kotoran ikan dan sisa makanan ikan sebagai sumber nutrisi bagi tanaman yang dibudidayakan. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh jenis tanaman yang berbeda terhadap pertumbuhan dan kelangsungan hidup ikan nila (Oreochromis niloticus) dengan sistem akuaponik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental dan rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL). Dengan menggunakan 4 perlakuan dan 3 kali ulangan, P0 (tanpa tanaman), P2 (tanaman selada), P3 (tanaman caisim), P4 (tanaman kangkung) Hasil penelitian menunjukkan bahawa jenis tanaman yang berbeda dengan sistem akuaponik memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan (pertumbuhan panjang mutlak, pertumbuhan panjang spesifik, pertumbuhan berat mutlak, pertumbuhan berat spesifik) dan kelangsungan hidup ikan nila (Oreochromis niloticus) yang terbaik yaitu pada perlakuan P4 dengan menggunakan tanaman kangkung.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Ikan nila, Akuaponik
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Aug 2022 23:33
Last Modified: 09 Aug 2022 23:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30370

Actions (login required)

View Item View Item