UJI PARAMETER FISIKA, KIMIA DAN BIOLOGI PADA PERAIRAN DESA EKAS BUANA SEBAGAI KANDIDAT LOKASI BUDIDAYA LOBSTER AIR LAUT (Panulirus sp.)

Dwi, Cahya Abadi Putra (2022) UJI PARAMETER FISIKA, KIMIA DAN BIOLOGI PADA PERAIRAN DESA EKAS BUANA SEBAGAI KANDIDAT LOKASI BUDIDAYA LOBSTER AIR LAUT (Panulirus sp.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FIX DWI CAHYA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Lobster merupakan salah satu biota laut yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi, serta menjadi salah satu biota yang dapat dikembangkan melalui proses budidaya. Perairan Teluk Ekas memiliki potensi sumber daya laut yang dapat dijadikan sebagai tempat budidaya Lobster. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui kualitas air dengan parmeter fisika, kimia dan biologi untuk budidaya lobster di pantai ekas Kabupaten Lombok Timur. Penelitian dilaksanakan pada bulan April 2022, bertempat di perairan Teluk Ekas dan Laboratorium Balai Perikanan Budidaya Laut Lombok, Sekotong Barat Kabupaten Lombok Barat. Pengamatan penelitian dilaksanakan secara in situ untuk mengamati kualitas air, serta mengambil sampel dengan metode random sampling sebanyak 8 titik yang selanjutnya dilakukan pengamatan kandungan nitrat, nitrit serta plankton di Laboratorium. Data yang sudah diperoleh kemudian dianalisa secara deskriptif dengan cara membandingkan data tersebut dengan baku mutu dan kondisi ideal untuk pengembangan budidaya lobster air laut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas perairan di Teluk Ekas secara umum berada pada kondisi yang ideal untuk dijadikan sebagai tempat budidaya Lobster berdasarkan standar baku mutu kelayakan kualitas air untuk budidaya lobster. Wilayah perairan yang sangat layak untuk dijadikan sebagai tempat budidaya Lobster berdasarkan standar baku mutu kelayakan kualitas air adalah wilayah KJA 3 serta wilayah Lamun. Spesies plankton yang ditemukan terdiri dari Amphisolenia sp., Coscinadiscus sp., Nitzchia sp., Moina sp., Planktoniella sp., Oithona sp., Synedra sp. dan Navicula sp.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Lobster, In Situ, Kualitas Air
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Aug 2022 23:33
Last Modified: 09 Aug 2022 23:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30372

Actions (login required)

View Item View Item