PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK ROSELLA (Hibiscus sabdariffa L.) TERHADAP TOTAL BAKTERI ASAM LAKTAT (BAL) DAN ORGANOLEPTIK SOYGHURT

BAIQ, TRIAS SRIAMALIA (2022) PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK ROSELLA (Hibiscus sabdariffa L.) TERHADAP TOTAL BAKTERI ASAM LAKTAT (BAL) DAN ORGANOLEPTIK SOYGHURT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_BAIQ TRIAS SRIAMALIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Soyghurt merupakan produk olahan susu fermentasi yang berbahan dasar susu kedelai dengan menggunakan bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan ekstrak rosella (Hibiscus sabdariffa L.) terhadap total Bakteri Asam Laktat (BAL) dan organoleptik soyghurt. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan satu faktor, yaitu konsentrasi ekstrak rosella dengan perlakuan 0; 0,5; 1; 1,5; 2 dan 2,5% dengan 3 kali ulangan sehingga diperoleh 18 unit percobaan. Parameter yang diuji adalah total Bakteri Asam Laktat (BAL), pH, total asam tertitrasi, viskositas dan sifat organoleptik meliputi aroma, rasa, warna dan kekentalan. Data hasil pengamatan dianalisis dengan analisis keragaman pada taraf nyata 5% menggunakan Co-Stat. Data yang berbeda nyata diuji lanjut dengan uji Beda Nyata Jujur (BNJ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan penambahan konsentrasi ekstrak rosella memberikan pengaruh yang berbeda nyata terhadap total BAL, derajat keasaman (pH), total asam tertitrasi, parameter hedonik (kekentalan) dan parameter skoring (warna dan kentalan) namun tidak memberikan pengaruh yang berbeda nyata terhadap viskositas, parameter hedonik (aroma, rasa dan warna) serta parameter skoring (aroma dan rasa) soyghurt. Perlakuan penambahan konsentrasi ekstrak rosella sebesar 1% merupakan perlakuan terbaik berdasarkan nilai total asam 0,87%; total BAL 7,94 Log CFU/mL yang telah memenuhi standar SNI 2981:2009 mutu yoghurt; derajat keasaman (pH) 4,14; viskositas 13,33 cP serta nilai organoleptik berwarna kuning dan agak beraroma asam yang agak disukai oleh panelis.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : rosella, susu kedelai, yoghurt
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Aug 2022 23:33
Last Modified: 09 Aug 2022 23:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30375

Actions (login required)

View Item View Item