PENGARUH KETERSEDIAAN AIR DI BENDUNG SAKRA TERHADAP POLA TANAM DAN PEMBAGIAN AIR DI D.I SAKRA, KECAMATAN SAKRA, KABUPATEN LOMBOK TIMUR

IZUR, RAHMAN (2022) PENGARUH KETERSEDIAAN AIR DI BENDUNG SAKRA TERHADAP POLA TANAM DAN PEMBAGIAN AIR DI D.I SAKRA, KECAMATAN SAKRA, KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NASKAH IZUR RAHMAN ( F1A 115 023 ).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Bendung Sakra terletak di dusun Pengempel, Desa Sakra, Kecamatan Sakra, Kabupaten Lombok Timur dengan areal persawahan seluas 1859 ha yang terbagi dalam 3 desa layanan yakni Desa Sakra selatan, Desa Gelanggang, dan Desa Menceh. Pada saat musim kemarau beberapa areal persawahan pada Daerah Irigasi Sakra tidak mendapat cukup air yang mengakibatkan kegagalan panen. Studi ini bertujuan untuk mendapatkan alternatif pola tanam terbaik serta pengaturan pembagian airnya untuk mengurangi kemungkinan gagal panen pada wilayah ini. Dalam penelitian ini dilaksanakan dengan tiga tahapan, yang pertama menentukan lokasi penelitian, kemudian tahap kedua mempersiapkan data, mengumpulkan data, dan tahap ketiga adalah menganalisis data yang sudah didapatkan. Untuk perubahan pola tanam yang digunakan berdasarkan ketersediaan air yang ada dan untuk sistem pemberian air sesuai debit yang tersedia atau faktor K, digunakan empat sistem pemberian air yaitu K1 secara kontinyu, K2 secara rotasi tersier, K3 secara rotasi sekunder, K4 secara rotasi primer. Kebutuhan air irigasi untuk mengairi lahan pertanian untuk awal tanam Desember II dengan pola tanam Padi&Palawija-Palawija-Palawija didapatkan bahwa kebutuhan air maksimum Padi di Intake sebesar 293,240 liter/detik dan untuk Palawija sebesar 137,378 liter/detik. Kemudian untuk ketersediaan air diperoleh rerata debit yang tersedia untuk Q80% sebanyak 331,09 liter/detik, Q50% sebanyak 734,06 liter/detik, dan Q20% sebanyak 1948,32 liter/detik. Dari hasil analisis keseimbangan air, pemberian air irigasi dilakukan secara terus-menerus (K1) untuk Q80, Q50, dan Q20.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Kebutuhan air, Ketersediaan air, Keseimbangan air, pemberian air
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Aug 2022 23:34
Last Modified: 09 Aug 2022 23:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30382

Actions (login required)

View Item View Item