KADAR LEMAK DAN PROTEIN SUSU KAMBING PERANAKAN ETTAWA PADA UD. MUDA BAKTI BAROKAH DESA KELEBUH KECAMATAN PRAYA TENGAH KABUPATEN LOMBOK TENGAH

RINA, ANTIKA (2022) KADAR LEMAK DAN PROTEIN SUSU KAMBING PERANAKAN ETTAWA PADA UD. MUDA BAKTI BAROKAH DESA KELEBUH KECAMATAN PRAYA TENGAH KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI KADAR LEMAK DAN PROTEIN SUSU KAMBING PERANAKAN ETTAWA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kadar lemak dan protein susu kambing Peranakan Ettawa yang dipelihara pada UD. Muda Bakti Barokah, Desa Kelebuh, Kecamatan Praya Tengah, Kabupaten Lombok Tengah. Metode penelitian dilakukan pada dua lokasi, yaitu di kendang UD Muda Bakti Barokah untuk pemeliharaan dan pengambilan sampel susu menggunakan 6 ekor kambing PE laktasi yang dipelihara secara intensif dan di Laboratorium Ilmu Nutrisi dan Makanan Ternak untuk Analisa komposisi susu. Variabel utama yang diamati adalah kadar lemak, protein dan produksi susu kambing PE, dan Variabel penunjang yang diukur adalah Temperatur, Kelembaban dan ITH kandang, konsumsi pakan, konsumsi air minum, dan bobot badan kambing. Analisa data menggunakan Aritmatic Mean dan Standar deviasi (STDEV) dengan spreadsheet MS. Excel 2010, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata produksi kambing PE 1454.17 ±116.73 ml/ekor/hari dan memenuhi syarat sebagai kambing perah yaitu minimal ≥700 ml/ekor/hari. Rata-rata kadar lemak diperoleh 5,49±0,15% lebih tinggi dari standar Milk Codex, Dirjenak dan SNI yaitu berturut-turut 2,70, 2,8 dan 3,00%. Rata-rata kadar protein 4,05±0,13% juga lebih tinggi dari persyaratan Dirjenak, SNI dan Milk Codex, masing-masing 2,70, 2,80 dan 3,00%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Kambing Peranakan Ettawa, Susu, Lemak dan Protein
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Aug 2022 23:34
Last Modified: 09 Aug 2022 23:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30391

Actions (login required)

View Item View Item