ANALISIS RANTAI NILAI PEMASARAN KOPI ROBUSTA DI KAWASAN TAMAN HUTAN RAYA NURAKSA KABUPATEN LOMBOK BARAT

NOFI, AFRIANI (2022) ANALISIS RANTAI NILAI PEMASARAN KOPI ROBUSTA DI KAWASAN TAMAN HUTAN RAYA NURAKSA KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NOFI AFRIANI (C1G018126) Tahun 2022 (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis rantai nilai pemasaran kopi robusta di kawasan Taman Hutan Raya Nuraksa Kabupaten Lombok Barat. (2) Menganalisis efisiensi pemasaran kopi robusta di kawasan Taman Hutan Raya Nuraksa Kabupaten Lombok Barat. (3) Mengetahui peran pelaku rantai pemasaran kopi robusta di kawasan Taman Hutan Raya Nuraksa Kabupaten Lombok Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik survei. Unit analisis dalam penelitian ini adalah petani/produsen kopi robusta dan lembaga pemasaran kopi robusta yang ada di Kawasan Taman Hutan Raya Nuraksa Kabupaten Lombok Barat dan sekitarnya. Penentuan daerah sampel yang dipilih dengan metode purposive sampling yaitu Desa Sesaot, Desa Lebah Sempaga, Desa Pakuan, dan Desa Buwun Sejati dengan pertimbangan bahwa keempat desa tersebut merupakan kawasan di Taman Hutan Raya Nuraksa Kabupaten Lombok Barat. Penentuan jumlah responden petani ditetapkan secara quota sampling yaitu 48 orang. Sementara itu, penentuan responden lembaga pemasaran dilakukan dengan teknik snowball sampling. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif, sedangkan sumber data dari data primer dan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Rantai nilai pemasaran kopi robusta di kawasan Taman Hutan Raya Nuraksa Kabupaten Lombok Barat meliputi tiga kegiatan yaitu: a) Aliran produk pada saluran I, II, III, dan IV berturut-turut yaitu sebesar 1.570 Kg, 777 Kg, 832 Kg, dan 1.755 Kg. b) Aliran dana pada saluran I dari petani langsung ke konsumen akhir sebesar Rp. 30.000/Kg, diikuti saluran II dari petani ke pengecer sebesar Rp. 25.000/Kg dan dari pengecer ke konsumen akhir Rp. 30.000/Kg, kemudian pada saluran III dari petani ke PPD sebesar Rp. 25.000/Kg dan dari PPD ke konsumen akhir Rp. 30.000/Kg. Sementara itu, pada saluran IV dari petani ke PPD sebesar Rp. 25.000/Kg, dari PPD ke pengecer Rp. 28.000/Kg, dan dari pengecer ke konsumen akhir Rp. 30.000/Kg. c) Aliran informasi pada setiap saluran didapatkan dari setiap lembaga pemasaran yang terlibat yang digunakan sebagai dasar2 dalam menentukan harga pembelian maupun penjualan kopi robusta sehingga risiko kerugian dapat dihindari. (2) Terdapat 4 (empat) saluran rantai pemasaran biji kopi robusta di kawasan Taman Hutan Raya Nuraksa Kabupaten Lombok Barat, yaitu saluran I : Petani – Konsumen Akhir. Saluran II : Petani – Pengecer – Konsumen Akhir. Saluran III : Petani – PPD – Konsumen Akhir. Saluran IV : Petani – PPD – Pengecer – Konsumen Akhir. Tiga dari empat saluran tersebut tergolong efisien yaitu saluran I, II, dan III, dengan kriteria keputusan meliputi margin pemasaran, share petani, distribusi keuntungan, dan volume penjualan. (3) Peran pelaku rantai pemasaran kopi robusta yang terdapat di kawasan Taman Hutan Raya Nuraksa Kabupaten Lombok Barat yaitu: a) Petani berperan sebagai produsen penghasil biji kopi robusta. b) Pedagang pengumpul desa (PPD) berperan sebagai pembeli biji kopi robusta dari petani dan sebagai pengumpul biji kopi robusta untuk didistribusikan ke pedagang lainnya dan menjualnya langsung ke konsumen akhir. Selain itu, PPD hanya membutuhkan biaya untuk pengemasan biji kopi robusta dan tanpa melakukan agroindustri. c) Pengecer berperan sebagai pembeli biji kopi robusta dari pedagang pengumpul desa (PPD) dan petani kemudian menjual langsung ke konsumen akhir tanpa melakukan agroindustri. Selain itu sama halnya dengan PPD, pengecer juga hanya membutuhkan biaya untuk pengemasan biji kopi robusta dan tanpa melakukan agroindustri.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Rantai Nilai, Efisiensi Pemasaran, Kopi Robusta.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Aug 2022 23:34
Last Modified: 09 Aug 2022 23:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30399

Actions (login required)

View Item View Item