RANCANG BANGUN APLIKASI AUGMENTED REALITY PENGENALAN HEWAN BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL UNTUK ANAK USIA DINI PADA TK (RA MIN MATARAM)

Sayyid, Naufal Amin (2022) RANCANG BANGUN APLIKASI AUGMENTED REALITY PENGENALAN HEWAN BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL UNTUK ANAK USIA DINI PADA TK (RA MIN MATARAM). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
LAPORAN TA2 _F1D017080_SAYYID NAUFAL AMIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Dalam kaitannya dengan teknologi, metode pembelajaran yang digunakan masih sangatlah minim dalam pemanfaatan teknologi. Hal tersebut dapat disimpulkan dari hasil pengumpulan data terhadap RA MIN Mataram yang menunjukkan hasil bahwa RA MIN Mataram masih mengacu pada kurikulum yang ada, dimana dalam implementasi metode pembelajaran cenderung masih menggunakan media pembelajaran visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan teknologi Augmented Reality pada proses pembelajaran agar dapat sesuai dengan kebutuhan anak usia dini. Aplikasi ini berbasis android dan dibangun menggunakan blender sebagai software 3D modelling, animasi dan rendering dalam visualisasi desain, unity 3D sebagai Software Engine dan Qualcomm Vuvoria SDK sebagai platform Augmented Reality. Aplikasi ini juga menggunakan metode Waterfall sebagai metode pengembangan sistem dan Markless Augmented Reality sebagai metode dalam pendeteksian marker dengan menggunakan teknik Pattern Matching dalam pencocokan pola marker. Aplikasi ini diuji dengan blackbox, MOS, dan software quality. Pengujian blackbox menunjukkan bahwa semua fungsi telah berjalan dengan semestinya sesuai dengan kebutuhan fungsional yang telah didefinisikan. Pengujian dengan menggunakan MOS menunjukkan bahwa rata-rata penilaian responden terhadap aplikasi dinyatakan sangat setuju sebanyak 44% dan setuju sebanyak 38%. Sedangkan dalam pengujian software quality proses pendeteksian marker yang optimal adalah ketika marker dalam kondisi tidak terhalang apapun dan dalam kondisi terhalang sesuatu sebessar 10% sampai 30% bagian marker.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci -- Augmented reality, markless, blender, unity 3D, Vuforia SDK, Pengenalan Hewan
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Aug 2022 03:01
Last Modified: 10 Aug 2022 03:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30436

Actions (login required)

View Item View Item