KRITIK SOSIAL DALAM KUMPULAN PUISI MEMELUK RAMADHAN BERSIMBAH WABAH KARYA JUMRAH, DKK DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

AMINAH, AMINAH (2022) KRITIK SOSIAL DALAM KUMPULAN PUISI MEMELUK RAMADHAN BERSIMBAH WABAH KARYA JUMRAH, DKK DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI AMINAH - E1C118006.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah kritik sosial yang terdapat pada kumpulan puisi Memeluk Ramadhan Bersimbah Wabah Karya Jumrah, dkk dan implementasi hasil analisis kritik sosial pada kumpulan puisi Memeluk Ramadhan Bersimbah Wabah karya jumrah, dkk dalam pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kritik sosial dalam kumpulan puisi Memeluk Ramadhan Bersimbah Wabah Karya Jumrah, Dkk dan Implementasinya dalam Pembelajaran Sastra di SMA. Data dalam penelitian ini berupa kutipan-kutipan puisi yang mengandung unsur kritik sosial. Pengumpulan data dilakukan teknik membaca, teknik mencatat, teknik menyimak. Metode analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif, Hasil dari penelitian ini adalah 1) Kritik sosial dalam kumpulan puisi Memeluk Ramadhan Bersimbah Wabah oleh Jumrah, dkk diantaranya adalah: (a) kritik sosial masalah agama ada pada puisi karya Nurhayati (Ironinya Negeriku, 89), Jumrah (Tentang Sebuah Nama,02), (b) kritik sosial masalah birokrasi ada pada puisi Arief Hidayatullah (Negeri surga yang Binasah, 30), (c) kritik sosial masalah kemiskinan ada pada puisi Agatha Suprihatin (Indonesiaku Kini, 21), Arief Hidayatullah (Negeri surga yang Binasah, 30), (d) kritik sosial masalah moral ada pada puisi karya Fatahullah Zarkasih (Indonesiaku Kini, 52), Amrilia Sari (Syair Virus Corona, 31). 2) Implementasi hasil penelitian dengan pembelajaran sastra di SMA adalah: a) diharapkan mampu mencapai tujuan pembelajaran sastra yakni informasi, konsep, perspektif dan apresiasi. b) Sebagai bahan ajar sastra dengan melakukan pemilihan bahan ajar yang akan diterapkan adalah puisi. Bahan ajar yang digunakan sudah sesuai dengan dengan kurikulum tingkat SMA dengan aspek pembelajaran yang mendengarkan dan Standar Kompotensi (SK) adalah memahami pembacaan puisi serta kompotensi dasarnya (KD) adalah menemukan nilainilai (moral, budaya, sosial dan agama) dalam puisi yang dibacakan dengan alokasi waktu 2x45 menit (RPP terlampir).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: kritik sosial, puisi,implementasi pembelajaran sastra
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Aug 2022 03:02
Last Modified: 10 Aug 2022 03:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30441

Actions (login required)

View Item View Item