PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP BEREDARNYA OBAT TRADISIONAL YANG BELUM BERLABEL BPOM BERDASARKAN PERPRES NO 80 TAHUN 2017

ADI, KURNIAWAN (2022) PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP BEREDARNYA OBAT TRADISIONAL YANG BELUM BERLABEL BPOM BERDASARKAN PERPRES NO 80 TAHUN 2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Adi Kurniawan_D1A015005.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perlindungan hukum bagi konsumen terhadap beredarnya obat tradisional yang belum berlabel BPOM berdasarkan Perpres No 80 Tahun 2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum normatif empiris. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa implikasi Peraturan Presiden Nomor 80 Tahun 2017 tentang Badan Pengawas Obat Dan Makanan dalam melakukan pengawasan obat-obatan tradisional yang belum memiliki izin edar BPOM dilakukan dengan dua macam pengawasan yakni pengawasan yang bersifat Pre Market dan pengawasan yang bersifat Post Market. Pada kasus ditemukannya obat tradisional yang tidak memiliki izin edar BPOM yang beredar di Lombok Timur maka BBPOM di Mataram melakukan tiga tindakan yakni memberikan teguran kepada para pedagang apotek ataupun supermarket, obat tersebut ditarik kembali peredarannya, memblokir akun media sosial milik pedagang yang menjual obat tradisional yang tidak berlabel BPOM melalui ecommerce. Perlindungan hukum bagi konsumen atas kerugian yang dialami dalam mengkonsumsi obat tradisional yang belum memiliki izin edar BPOM dibagi menjadi dua diantaranya perlindungan hukum preventif yakni adanya beberapa aturan hukum yang mengatur bagi pelaku usaha untuk memproduksi produk yang tidak memiliki izin edar dan membahayakan. Dan perlindungan hukum represif yakni berupa sanksi yang dibebankan kepada pelaku usaha.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Perlindungan, Konsumen, Obat Tradisional, Belum Berlabel BPOM
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Aug 2022 03:02
Last Modified: 10 Aug 2022 03:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30446

Actions (login required)

View Item View Item