STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RADIO KOMERSIAL DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGIKLAN DI KOTA MATARAM

Karina, Allamanda Pasha (2022) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RADIO KOMERSIAL DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGIKLAN DI KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KARINA ALLAMANDA PASHA SKRIPSI .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Radio adalah salah satu media elektronik yang sampai sekarang masih digunakan sebagai alat penyalur informasi dan komunikasi juga hiburan untuk masyakarat. Pada dasarnya radio saling berkompetisi untuk mendapatkan pendengar dan pengiklan. Hal itu menjadi faktor bahwa radio dituntut untuk memiliki kelebihan yang berbeda untuk menjadi menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran radio komersial dalam meningkatkan jumlah pengiklan di Kota Mataram. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan pada direktur dan tim marketing dari ketiga radio yaitu Ibu Devi sebagai Direktur Radio CNL, Bapak Eko sebagai Direktur Radio Riper, Ibu Kusumawati sebagai Penanggung Jawab dan Tim Marketing dari Radio Gemini, dan Bapak Hartanto sebagai Tim Marketing dari Radio RiperTeknik analisis data model Miles dan Huberman dan menguji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran radio komersial dalam meningkatkan jumlah pengiklan di Kota Mataram adalah (a) Personal Selling, dengan menggunakan semua crew/staff yang ada di masingmasing radio sebagai sales marketing., (b) Iklan, hanya dilakukan oleh Radio CNL dengan memasang iklan di media cetak yaitu Lombok Post., (c) Direct marketing, dilakukan oleh ketiga radio dengan memberikan penawaran secara langsung pada pengiklan yang datang ke radio secara lansgung., (d) Promosi Penjualan, Radio Riper dan Radio Gemini memberikan diskon pada hari besar nasional seperti potongan harga. Kemudian untuk Radio CNL memberikan promosi berbentuk pemberian bonus iklan bagi pengiklan yang melakukan repeat order. Selain itu Radio CNL dan Radio Riper juga memanfaatkan promosi dengan mengadakan event off-air., (e) Humas/publikasi, menggunakan media sosial yaitu Instagram sebagai media untuk aktivitas kehumasan seperti menyebarkan informasi mengenai siaran radio, sebagai branding dan eksistensi agar tetap diketahui keberadaannya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Strategi, Komunikasi Pemasaran, Radio, Iklan.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Aug 2022 03:02
Last Modified: 10 Aug 2022 03:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30453

Actions (login required)

View Item View Item