ANALISIS STRUKTUR CERITA RAKYAT DALAM BUKU TUTUR DAERAH SUMBAWA BARAT: PERSPEKTIF JASON DAN SEGAL

FARIDAH, FARIDAH (2022) ANALISIS STRUKTUR CERITA RAKYAT DALAM BUKU TUTUR DAERAH SUMBAWA BARAT: PERSPEKTIF JASON DAN SEGAL. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
PDF TESIS FARIDAH FINAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini adalah sebuah studi untuk mendeskripsikan struktur cerita rakyat dalam buku Tutur Daerah Sumbawa Barat dengan perspektif Jason dan Segal yang didokumentasikan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sumbawa Barat Tahun 2018. Pendeskripsian struktur cerita rakyat meliputi the level of wording, the level of poetic texture, the level of narrative, dan the level of meaning. Melalui tingkat makna the level of meaning dijaring nilai pendidikan meliputi nilai religius, nilai moral, nilai sosiokultural, dan nilai kearifan lokal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif analitik yaitu analisis data dengan cara memberi pemaparan dan penggambaran data dalam bentuk uraian. Pengumpulan data dilakukan melalui studi kepustakaan (library research) yang berfokus pada satu sasaran (subjek), yaitu buku Tutur Daerah Sumbawa Barat. Data kemudian dianalisis dengan pendekatan struktural dan mengikuti model analisis Huberman dan Miles yang terdiri dari empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penyimpulan dan verifikasi hasil penelitian. Dalam buku Tutur Daerah Sumbawa Barat terdapat sembilan cerita rakyat yang diteliti dan dianalisis. Sembilan cerita rakyat tersebut, yaitu: (1) Batu Liangongo, (2) Batu Dopa, (3) Santoana, (4) Balang Kitab Ode, (5) Jompang Motong, (6) Unter Nore, (7) Jompong Suar, (8) Kaki Aca, dan (9) Batu Rea. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cerita rakyat dalam buku Tutur Daerah Sumbawa Barat secara umum memiliki empat tingkatan stuktur cerita yang dimulai dari tingkatan kata, tingkatan tekstur puitik, tingkatan naratif (jalinan alur atau plot), dan tingkatan makna. Keempat tingkatan struktur tersebut membentuk sebuah alur dan memiliki peran penting dalam pemaknaan yang berbeda dengan cerita rakyat dari daerah lain serta sesuai dengan ciri khas daerah Sumbawa Barat itu sendiri yang layak dinikmati, menarik, dan mudah dipahami oleh pembaca. Selain itu, penjaringan melalui tingkatan makna ditemukan nilai pendidikan yang sangat bervariasi. Nilai pendidikan yang terdapat dalam kesembilan cerita tersebut antara lain nilai religius, nilai moral, nilai sosiokultural dan nilai kearifan lokal. Struktur dan nilai pendidikan dalam cerita rakyat Sumbawa Barat tersebut dapat memperkaya khazanah pengetahuan serta dijadikan rekomendasi kajian cerita rakyat dalam dunia pendidikan maupun masyarakat secara umum.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: analisis struktural, nilai pendidikan, tutur daerah, Sumbawa Barat, deskriptif analitik, library research
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Aug 2022 03:02
Last Modified: 10 Aug 2022 03:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30454

Actions (login required)

View Item View Item