GAMBARAN HISTOPATOLOGI VENA SEFALIKA PASIEN POST HEMODIALISA RUTIN BERDASARKAN USIA DAN JENIS KELAMIN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PROVINSI NTB

Mona, Rianta Yolanda Marbun (2022) GAMBARAN HISTOPATOLOGI VENA SEFALIKA PASIEN POST HEMODIALISA RUTIN BERDASARKAN USIA DAN JENIS KELAMIN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PROVINSI NTB. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Naskah Publikasi Mona Rianta Yolanda M (H1A018063).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)

Abstract

Latar belakang: Hemodialisa merupakan salah satu penatalaksaan pada pasien gagal ginjal kronik stadium 5. Dalam terapi hemodialisa terdapat beberapa hal penting yang perlu diperhatikan salah satunya yaitu pemilihan akses vaskular. Fistula arteriovenosa (FAV) merupakan salah satu prosedur akses vaskular yang paling banyak digunakan karena cukup memadai serta optimal dalam proses dialisis. Pemasangan akses vaskular untuk proses dialisis memiliki beberapa resiko untuk terjadinya komplikasi antara lain stenosis, aneurisma, infeksi, trombosis dan steal syndrome. Untuk mengetahui komplikasi yang terjadi pada pasien hemodialisisa rutin dengan akses vaskular FAV, maka diperlukan pemeriksaan penunjang salah satunya yaitu dengan pemeriksaan histopatologi. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif observasional dengan menggunakan desain penelitian cross sectional. Sampel penelitian adalah 15 pasien yang sedang menjalani hemodialisa rutin, kemudian melakukan pemasangan akses vaskular fistula arteriovenosa di RSUD Provinsi NTB periode Januari – Juli 2021. Analisis data yang dilakukan berupa uji univariat dan bivariat untuk mengetahui korelasi menggunakan uji koefisien kontingensi. Hasil: Setelah dilakukan pengamatan dari 15 sampel pasien, 13 sampel menunjukan gambaran stenosis dalam pemeriksaan histopatologi. Setelah dilakukan analisis data, umur dan jenis kelamin tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan kejadian stenosis pada vena sefalika pasien. Kesimpulan: Rata-rata sampel yang diamati terlihat gambaran stenosis akan tetapi tidak ada hubungan yang bermakna secara statistik antara umur dan jenis kelamin dengan kejadian stenosis pada vena sefalika pasien post hemodialisa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Gagal ginjal kronik, histopatologi, vena sefalika, penyempitan lumen, stenosis.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Aug 2022 03:02
Last Modified: 10 Aug 2022 03:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30456

Actions (login required)

View Item View Item