KEMAMPUAN GURU SMK NEGERI DI KOTA MATARAM DALAM MERANCANG RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS TEKS

ERMAWANTI, ERMAWANTI (2022) KEMAMPUAN GURU SMK NEGERI DI KOTA MATARAM DALAM MERANCANG RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS TEKS. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS ERMAWANTI NIM I2H017008.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pemahaman guru bahasa Indonesia dalam merancang rencana pelaksanaan pembelajaran berbasis teks. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini mendeskripsikan tentang penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran oleh guru bahasa Indonesia SMK Negeri di Kota Mataram. Data kualitatif berupa hasil kerja atau penugasan dari guru Bahasa Indonesia SMK Negeri di Kota Mataram, yaitu berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan menggunakan kurikulum 2013. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri yang terdapat di kota Mataram yaitu SMK Negeri 3 Mataram, SMK Negeri 2 Mataram, SMK Negeri 5 Mataram, SMK Negeri 1 Mataram, SMK Negeri 4 Mataram, SMK Negeri 5 Mataram dan SMK Negeri 7 Mataram. Metode penelitian yang digunakan adalah metode simak catat, artinya peneliti menyimak dilanjutkan dengan mencatat hal-hal yang dianggap sebagai data penelitian. Analisis data yang digunakan adalah metode kualitatif dan kuantitatif secara bersamaan untuk memperkuat deskripsi terhadap data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan guru bahasa Indonesia SMK Negeri di kota mataram dalam merancang rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) berbasis teks berdasarkan Kurikulum 2013 pada teks prosedur dan teks eksplanasi dalam mengembangkan indikator berdasarkan kompetensi dasar di SMK Negeri 1 Mataram dan SMK Negeri 5 Mataram tergolong ke dalam kategori cukup; (2) Kemampuan guru bahasa Indonesia SMK Negeri di kota mataram dalam merancang rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) berbasis teks berdasarkan Kurikulum 2013 pada teks prosedur dan teks eksplanasi dalam kemampuan menentukan materi pembelajaran teks tergolong ke dalam kategori baik; (3) Kemampuan guru bahasa Indonesia SMK Negeri di kota mataram dalam merancang rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) berbasis teks berdasarkan Kurikulum 2013 pada teks prosedur dan teks eksplanasi dalam menggunakan metode pembelajaran berdasarkan materi pembelajaran berdasarkan kompetensi dasar yang tertuang pada Permendikbud Nomor 22 tahun masing-masing sekolah terlihat sama yaitu tergolong ke dalam kategori sangat baik; (4) Kemampuan guru bahasa Indonesia SMK Negeri di kota mataram dalam merancang rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) berbasis teks berdasarkan Kurikulum 2013 pada teks prosedur dan teks eksplanasi dalam kemampuan ketepatan menggunakan bentuk evaluasi pencapaian hasil pembelajaran berdasarkan kompetensi dasar yang tertuang pada Permendikbud Nomor 22 tahun 2016 pada masing-masing sekolah terlihat berbeda. Mengacu pada pedoman penskoran maka tingkat kemampuan guru bahasa Indonesia dalam ketepatan bentuk evaluasi pencapaian hasil pembelajaran pada teks prosedur dan teks eksplanasi SMK Negeri 1 Mataram, SMK Negeri 3 Mataram SMK Negeri 4 Mataram, SMK Negeri 5 Mataram, dan SMK Negeri 7 Mataram dikategorikan memiliki kemampuan yang cukup. SMK Negeri 5 Mataram dan SMK Negeri 6 Mataram memperoleh skor 86 dikategorikan memili kemampuan yang baik. Sementara SMK Negeri 2 Mataram dengan skor 100 dan dikategorikan memiliki kemampuan yang sangat baik.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran; Teks; Kurikulum 2013
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Aug 2022 03:02
Last Modified: 10 Aug 2022 03:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30460

Actions (login required)

View Item View Item