Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pada Program Studi Hubungan Internasional Universitas Mataram

Nurul, Ismi (2022) Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pada Program Studi Hubungan Internasional Universitas Mataram. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_Nurul Ismi (L1A015028).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Asia Timur merupakan salah satu kawasan Asia yang populer, yang di dalam terdapat negara-negara seperti Jepang, Korea Selatan, Korea Utara, dan Taiwan. Fakta yang ada, bahwa kawasan ini sebenarnya juga berpotensi konflik, bahkan permusuhan sisa-sisa politik perang dingin masih kental dalam hubungan regional. Hal itu mengancam stabilitas kawasan tersebut. Konflik yang terjadi selama ini dikarenakan adanya persaingan di bidang militer. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peningkatan dan modernisasi kapabilitas militer Tiongkok dan respon Negara-negara di kawasan Asia Timur. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mendasari peningkatan kapabilitas militer Tiongkok di era Xi Jinping. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang berdasarkan pada teori Regional Security Complex oleh Barry Buzan dan Ole Waever serta menggunakan dua kerangka konseptual yaitu persepsi ancaman dan Kapabilitas militer. Hasil penelitian ini menimbulkan bahwa peningkatan dan modernisasi kapabilitas Tiongkok dapat mempengaruhi stabilitas kawasan dikarenakan Negaranegara di kawasan Asia Timur yang merespon dengan melakukan peningkatan terhadap anggaran pertahnannya seperti Jepang, Korea Selatan, dan Taiwan. Permasalahan yang timbul di kawasan regional ini bisa dikatakan sangat kompleks. Hal ini dikarenakan Negara-negara di kawasan tidak memiliki kerjasama yang konkret sehingga sering terjadinya persepsi ancaman dan kecurigaan. Tidak hanya itu, adanya aliansi Negara-negara kawasan dengan Amerika Serikat semakin menimbulkan situasi keamanan yang tidak stabil.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Peningkatan Persenjataan, Tiongkok, Asia Timur, Regional Security Complex, Kapabilitas Militer, Persepsi Ancaman.
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Aug 2022 03:02
Last Modified: 10 Aug 2022 03:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30464

Actions (login required)

View Item View Item