ANALISIS KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI ERA PANDEMI COVID 19 KELAS VII SMP NEGERI 16 MATARAM TAHUN AJARAN 2021/2022

ISNANDANI, ISNANDANI (2022) ANALISIS KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI ERA PANDEMI COVID 19 KELAS VII SMP NEGERI 16 MATARAM TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ISNANDANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan berfikir kreatif matematis siswa dan mendeskripsikan kemampuan berfikir kreatif siswa kelas VII SMP Negeri 16 Mataram tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dekriptif kualitatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini sebanyak 154 siswa kelas VII SMP Negeri 16 Mataram tahun ajaran 2021/2022 dan jumlah sampel penelitian 32 siswa diambil dengan tekhnik random sampling . Tekhnik pemilihan subjek didasarkan pada hasil tes kemampuan berfikir kreatif, akan dianalisis sebanyak 4 subjek yang diambil dari 32 siswa. Tiap kategori kemampuan berfikir kreatif terdapat satu orang perwakilan dari masing-masing tingkat kemampuan berfikir kreatif. Data yang dikumpulkan berupa hasil tes kemampuan berfikir kreatif yang terdiri dari 2 soal berbentuk uraian. Selanjutnya data yang dikumpulkan dianalisis dan dideskripsikan berdasarkan tahap indikator kemampuan berfikir kreatif yakni: kefasihan, fleksibilitas dan kebaruan. Dari hasil penelitian, didapatkan hasil: (1) kemampuan berfikir kreatif pada tingkat 3 (sangat kreatif): siswa mampu memenuhi kategori fleksibilitas dan kebaruan dalam menjawab soal; : (2) kemampuan berfikir kreatif pada tingkat 2 (kreatif): siswa mampu memenuhi kategori fleksibilitas dalam menjawab soal; : (3) kemampuan berfikir kreatif pada tingkat 1 (kurang kreatif) siswa mampu memenuhi kategori kefasihan dalam menjawab soal; (4) kemampuan berfikir kreatif pada tingkat 0 (tidak kreatif) siswa tidak mampu memenuhi ketiga kategori kemampuan berfikir kreatif yaitu kefasihan, fleksibilitas dan kebaruan. Secara umum, kemampuan berfikir kreatif dalam menyelesaikan soal dominan berada pada tingkat 2 (kreatif).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kata kunci: Berfikir Kreatif, Matematis, Kefasihan, Fleksibilitas, Kebaruan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Aug 2022 03:06
Last Modified: 10 Aug 2022 03:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30474

Actions (login required)

View Item View Item