ISNANDANI, ISNANDANI (2022) ANALISIS KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI ERA PANDEMI COVID 19 KELAS VII SMP NEGERI 16 MATARAM TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI ISNANDANI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan berfikir kreatif matematis siswa dan mendeskripsikan kemampuan berfikir kreatif siswa kelas VII SMP Negeri 16 Mataram tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dekriptif kualitatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini sebanyak 154 siswa kelas VII SMP Negeri 16 Mataram tahun ajaran 2021/2022 dan jumlah sampel penelitian 32 siswa diambil dengan tekhnik random sampling . Tekhnik pemilihan subjek didasarkan pada hasil tes kemampuan berfikir kreatif, akan dianalisis sebanyak 4 subjek yang diambil dari 32 siswa. Tiap kategori kemampuan berfikir kreatif terdapat satu orang perwakilan dari masing-masing tingkat kemampuan berfikir kreatif. Data yang dikumpulkan berupa hasil tes kemampuan berfikir kreatif yang terdiri dari 2 soal berbentuk uraian. Selanjutnya data yang dikumpulkan dianalisis dan dideskripsikan berdasarkan tahap indikator kemampuan berfikir kreatif yakni: kefasihan, fleksibilitas dan kebaruan. Dari hasil penelitian, didapatkan hasil: (1) kemampuan berfikir kreatif pada tingkat 3 (sangat kreatif): siswa mampu memenuhi kategori fleksibilitas dan kebaruan dalam menjawab soal; : (2) kemampuan berfikir kreatif pada tingkat 2 (kreatif): siswa mampu memenuhi kategori fleksibilitas dalam menjawab soal; : (3) kemampuan berfikir kreatif pada tingkat 1 (kurang kreatif) siswa mampu memenuhi kategori kefasihan dalam menjawab soal; (4) kemampuan berfikir kreatif pada tingkat 0 (tidak kreatif) siswa tidak mampu memenuhi ketiga kategori kemampuan berfikir kreatif yaitu kefasihan, fleksibilitas dan kebaruan. Secara umum, kemampuan berfikir kreatif dalam menyelesaikan soal dominan berada pada tingkat 2 (kreatif).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | kata kunci: Berfikir Kreatif, Matematis, Kefasihan, Fleksibilitas, Kebaruan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 10 Aug 2022 03:06 |
Last Modified: | 10 Aug 2022 03:06 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30474 |
Actions (login required)
View Item |