ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN JAHE DI PASAR TRADISIONAL KOTA MATARAM

HAFRI JULIANTARA, M. (2021) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN JAHE DI PASAR TRADISIONAL KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi M. Hafri Juliantara C1G117059.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (759kB)

Abstract

Jahe merupakan tanaman obat berupa tumbuhan rumpun berbatang semu. Jahe berasal dari Asia Pasifik yang tersebar dari India sampai Cina. Oleh karena itu, kedua bangsa ini disebut sebagai bangsa yang pertama kali memanfaatkan jahe terutama sebagai bahan minuman, bumbu masak dan obat-obatan tradisional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) menganalisis jumlah permintaan jahe oleh konsumen di pasar tradisional Kota Mataram; (2) menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan jahe di pasar tradisional Kota Mataram. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan pencatatan. Unit analisis dalam penilitian ini adalah permintaan dan konsumsi jahe oleh konsumen jahe di Kota Mataram. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif, sedangkan sumber data dalam penelitian ini yaitu: data primer dan data sekunder. Penelitian ini dilaksanakan di pemukiman sekitar empat pasar yaitu, Pasar Kebon Roek, Pasar Pasar Pagesangan, Pasar Karang Jasi, dan Pasar Karang Jasi. Penentuan daerah sampel secara purposive sampling atas dasar pertimbangan pasar-pasar tersebut banyak penjual jahe. Penentuan jumlah responden ditetapkan secara quota sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan jumlah atau jatah yang telah ditentukan sebanyak 60 responden yang dimana setiap pasar memiliki masing-masing 15 responden. Pengambilan sampel pada empat pasar tersebut dilakukan secara propotional random sampling dengan penentuan secara acak berdasarkan jumlah yang telah ditentukan di masing-masing pasar. Selanjutnya, accidental sampling yaitu konsumen yang kebetulan dijumpai pada saat survei dan bersedia untuk diwawancarai. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah: Analisis Deskriptif dan Analisis Regresi Linier Berganda. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan3 diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Jumlah permintaan jahe di pasar tradisional Kota Mataram yang terdiri dari empat pasar yang telah ditentukan adalah kisaran perbulannya sebesar 63,75 kg/bulan dari 60 responden dan rata-rata sebesar 0,29 kg/bulan per satu orang. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan jahe di pasar Tradisional Kota Mataram yaitu Harga Jahe (X1), Jumlah Pendapatan (X2), Jumlah Anggota Keluarga (X3), dan Tingkat Pendidikan (X4) berpengaruh nyata secara serempak terhadap permintaan jahe di pasar Tradisional Kota Mataram. Harga Jahe (X1) dan Jumlah Anggota Keluarga (X3) berpengaruh nyata secara parsial terhadap permintaan jahe di pasar Tradisional Kota Mataram, sedangkan Jumlah Pendapatan (X2) dan Tingkat Pendidikan (X4) tidak berpengaruh secara parsial terhadap permintaan jahe di pasar Tradisional Kota Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Permintaan, konsumsi, jahe
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Aug 2022 03:06
Last Modified: 10 Aug 2022 03:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30475

Actions (login required)

View Item View Item