PENGARUH RASIO KARBON DAN NITROGEN PADA FERMENTASI THERMOPHILIC AMPAS TAHU UNTUK MENGHASILKAN BIOGAS YANG RAMAH LINGKUNGAN

Gugus, Putra Pamungkas (2022) PENGARUH RASIO KARBON DAN NITROGEN PADA FERMENTASI THERMOPHILIC AMPAS TAHU UNTUK MENGHASILKAN BIOGAS YANG RAMAH LINGKUNGAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI BIOGAS DARI AMPAS TAHU [GUGUS_PUTRA_PAMUNGKAS_F1C018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Biogas merupakan energi alternatif yang dapat dikembangkan lebih lanjut untuk mengurangi penggunaan bahan bakar fosil. Biogas mengandung gas metana (CH4) yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber bahan bakar yang terbentuk dari hasil dekomposisi bahan organik melalui proses fermentasi anaerob. Fermentasi biogas dilakukan oleh bakteri anaerob. Temperatur merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi proses fermentasi. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektifitas rasio C/N yang tepat dalam memproduksi biogas pada kondisi thermophilic (55ºC) dengan variasi rasio C/N TP, C/N 30, C/N 50 dan C/N 70. Untuk mengatur rasio C/N substrat yang akan digunakan, pada penelitian ini menggunakan tambahan senyawa tunggal yaitu ammonium sulfat (NH4)2SO4, dimana ammonium sulfat untuk menaikan nilai nitrogen. Hasil dari penelitian yang dilakukan selama 30 hari ini, diketahui bahwa produksi volume biogas tertinggi dihasilkan dengan perlakuan substrat dengan penambahan ammonium sulfat yaitu rasio C/N 70 sebesar 14,041 liter. Produksi volume biogas untuk substrat rasio C/N 50 memiliki hasil paling rendah sebesar 5,638 liter dan untuk substrat rasio C/N TP dan rasio C/N 30 memiliki hasil volume biogas sebesar 8,806 liter dan 5,892 liter. Data hasil produksi volume biogas diperoleh setelah melakukan pengambilan data selama 30 hari.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : biogas, volume biogas, fermentasi, rasio C/N, thermophilic
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Aug 2022 03:06
Last Modified: 10 Aug 2022 03:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30482

Actions (login required)

View Item View Item