STANDAR ISI, BAHASA, DAN PENYAJIAN BUKU TEMATIK TERBITAN MEDIATAMA TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU SERI HOTS KELAS IV KURIKULUM 2013

MIA, NURKHOFIFAH (2022) STANDAR ISI, BAHASA, DAN PENYAJIAN BUKU TEMATIK TERBITAN MEDIATAMA TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU SERI HOTS KELAS IV KURIKULUM 2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Mia Nurkhofifah_E1E018090.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Buku ajar yang selama ini digunkan di sekolah memuat pembuka bab, masalah kontekstual, rangkuman, latihan, kegiatan siswa, tugas siswa dan penggunaan teknologi (komputer). Namun, pada buku tesrebut penyajian materi belum dapat membuat siswa aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengathahui kesesuaian standar isi, standar bahasa, dan standar penyajian buku tematik terbitan Mediatama tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku seri HOTS kelas IV kurikulum 2013 dengan standard yang telah ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian analisis isi (content analysis). Metode pengumpulan data yang digunakan yakni studi dokumentasi. Adapun instrumen penelitian yakni peneliti sendiri yang dibantu dengan instrumen penelitian berupa standar penilaian buku yang telah ditetapkan oleh BSNP. Data yang dianalisis pada penelitian ini adalah standar isi/ materi, bahasa, dan penyajian pada buku teks siswa Kelas IV SD/MI Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Seri HOTS Kurikulum 2013 terbitan Mediatama. Hasil analisis menunjukkan persentase kesesuaian standar isi sebesar 91,65% (sangat sesuai), standar bahasa sebesar 94,44% (sangat sesuai), dan standar penyajian sebesar 91,66% (sangat sesuai).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Kelayakan Isi, Bahasa, dan Penyajian; Buku Teks Tematik; HOTS; Kurikulum 2013.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Aug 2022 03:06
Last Modified: 10 Aug 2022 03:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30483

Actions (login required)

View Item View Item